Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Lebih Produktif di 2018, Hindari 6 Kebiasaan Ini

Kompas.com - 02/01/2018, 07:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produktif dalam bekerja berarti menjalankan pekerjaan dengan cerdas, bukan keras. Agar dapat sukses dalam karier, tentu saja bekerja dengan produktif harus menjadi tujuan.

Di tahun 2018 yang baru saja dijelang ini, ada baiknya menjadikan bekerja produktif resolusi Anda. Untuk itu, ada sejumlah hal yang harus Anda hindari agar dapat lebih produktif.

1. Memprioritaskan kerja ketimbang tidur

Menurut pendiri The Huffington Post, Arianna Huffington, tidur yang baik di malam hari dapat membantu meningkatkan produktivitas di pagi harinya. Selain itu, tidur yang berkualitas juga membuat Anda bahagia.

Akhirnya, Anda pun dapat lebih cerdas dalam mengambil keputusan dan menciptakan ide yang segar. "Ada korelasi langsung antara kurang tidur dengan inefisiensi di tempat kerja," Huffington.

2. Meletakkan ponsel di sebelah bantal

Layar LED pada ponsel pintar, tablet, dan laptop, menyinarkan cahaya biru yang dapat merusak penglihatan dan menekan produksi melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur.

Riset juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar melatonin yang rendah cenderung lebih mudah depresi. Jadi, mulai sekarang, jauhkan ponsel dari bantal atau tempat tidur Anda ketika tiba waktunya untuk istirahat.

3. Tidak sarapan pagi

Pakar gaya hidup sehat Lisa DeFazio menyatakan, sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari. Ketika Anda bangun pagi, Anda belum makan antara 10-12 jam, sehingga sarapan adalah waktu di mana Anda kembali mengisi "baterai."

"Makan pertama Anda dalam sehari penting untuk mengaktifkan metabolisme dan mengisi kadar gula dalam darah, sehingga Anda bisa fokus dan produktif sepanjang hari," jelas DeFazio.

Ketika kadar gula dalam darah cenderung rendah, maka Anda akan menjadi lebih sulit untuk fokus dan mudah merasa lelah, tersinggung, dan tidak sabar.

4. Selalu mengecek e-mail

Dengan sambungan internet yang konstan, banyak orang cenderung berkali-kali mengecek e-mail. Parahnya, kebiasaan ini bisa membuang waktu kerja sebanyak 25 menit dan membuat Anda lebih bodoh.

Konsultan Ron Friedman menyarankan Anda mematikan ponsel dan tidak bolak-balik mengecek e-mail secara berkala. Tujuannya adalah agar Anda lebih punya banyak waktu untuk fokus bekerja.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com