Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN: Hari Ini Daftar Sambungan Baru, Besok Langsung Nyala

Kompas.com - 02/01/2018, 08:40 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) mencatat ada banyak pemasangan sambungan baru yang mereka layani sepanjang tahun 2017.

Data yang didapat pihak PLN di penghujung tahun 2017 menampilkan jumlah permintaan sambungan baru melebihi target dari yang ditetapkan sebelumnya.

"Untuk Jakarta kami berhasil menyambung 183.000 pelanggan baru di 2017. Target 140.000, berarti over atau melebihi target," kata General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) Ikhsan Asaad saat ditemui di gedung PLN Disjaya, Jakarta Pusat, Minggu (31/12/2017).

Baca juga : 2018 Tarif Listrik Tak Naik, Bagaimana PLN Tingkatkan Pendapatan?

Pada saat bersamaan, Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Barat PT PLN (Persero) Haryanto WS menyebutkan di Banten ada 160.000 sambungan baru pada 2017.

Jika jumlah sambungan baru di Jakarta dan Banten digabungkan, disebut Haryanto totalnya melebihi 10 persen dari target sambungan baru untuk Regional Jawa bagian Barat tahun 2017, yaitu 280.000 sambungan baru.

Haryanto turut menyinggung tentang indikator ease of doing business (EoDB) dari World Bank Group untuk Indonesia, beberapa bulan lalu, di mana salah satu poin kemudahan berusaha ditampilkan melalui biaya mendapatkan sambungan listrik yang lebih murah.

Kemudian, juga dengan proses permintaan sambungan baru yang lebih singkat, sehingga mendapatkan listrik jauh lebih mudah.

"Jadi, kami dari PLN memastikan tidak boleh ada daftar tunggu (permintaan sambungan baru) di Jakarta. Hari ini daftar, besok (langsung) nyala," tutur Ikhsan.

Kompas TV Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Sidrap Sulawesi Selatan bisa hasilkan listrik untuk sekitar 80.000 rumah tangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com