Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bawang Merah Anjlok, Mentan Minta Bulog Serap Produksi Petani

Kompas.com - 03/01/2018, 16:30 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan saat ini petani bawang merah di wilayah Brebes Jawa Tengah sedang mengalami masa sulit, sebab harga bawang merah ditingkat petani jatuh hingga Rp 4.000 per kilogram.

Mentan Amran mengatakan, salah satu solusi yang bisa menyelamatkan petani adalah melalui penyerapan hasil produksi oleh Perum Bulog.

Mentan meminta Perum Bulog menyerap bawang merah di tingkat petani dengan harga Rp 15.000 per kilogram.

Baca juga : Kementan Jaga Stabilitas Pasokan Cabai dan Bawang Merah

"Nanti Bulog, kami sepakat Bulog menyerap harga Rp 15.000 per kilogram. Nanti Insya Allah Bulog beli, saya juga sudah komunikasi dengan Kementerian Perdagangan," kata Amran di Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (3/1/2018).

Menurutmu, saat ini diparitas harga bawang merah di tingkat petani hingga ke tangan konsumen sangat tinggi, perlu ada upaya dan sinergitas bersama menangani permasalahan harga bawang merah.

"Harga bawang Brebes Rp 4.000 per kilogram, harga di Jakarta sekitar Rp 30.000 per kilogram, disparitasnya 700 persen," jelas Amran.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) harga tertinggi bawang merah terdapat di Papua Barat Rp 37.500 per kilogram, kemudian Maluku Utara Rp 36.250 per kilogram.

Baca juga : Bawang Merah Brebes Tembus Pasar Thailand

Kemudian harga bawang merah terendah ada di Nusa Tenggara Barat Rp 18.500 per kilogram, Lampung Rp 18.750 per kilogram, dan Jawa Tengah Rp 19.450 per kilogram.

Kompas TV Ditjen Holtikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia mendatangi sentra penghasil bawang merah terbesar di wilayah kabupaten Demak.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com