Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Tahun Baru 2018, Trafik Layanan Data XL Axiata Naik 160 Persen

Kompas.com - 04/01/2018, 08:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Trafik layanan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pada 28 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 menguat 20 persen dibandingkan trafik layanan data di hari biasa. Akses pelanggan XL Axiata ke konten video dan media sosial jadi pendorong kenaikan tersebut. 

Khusus tanggal 1 Januari 2018, kenaikan trafik data mencapai 160 persen dibanding hari biasa. Sementara untuk layanan data berbasis 4G LTE, pada 1 Januari 2018 naik hingga 300 persen dari hari biasa. 

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya menyebutkan, tren kenaikan trafik akses video melalui layanan YouTube di liburan Natal, berlanjut pada periode pergantian tahun dan mencapai kenaikan 15 kali lipat.

Sementara kenaikan trafik berbagai layanan data terjadi di sebagian besar wilayah layanan XL Axiata.

Baca juga : Natal dan Tahun Baru, Jaringan XL Axiata Siap Layani Kenaikan Trafik

 

Menurut Yessie, hal ini merupakan hasil dari upaya sepanjang tahun 2017, dimana XL Axiata secara masif telah memperluas jangkauan jaringan internet cepat, baik 3G U900 maupun 4G LTE, di berbagai daerah, termasuk di ratusan kota dan kabupaten di luar Jawa.

“Selain akses ke layanan data dan video streaming dan social media menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut, kenaikan trafik yang kami raih juga tidak terlepas dengan semakin nyamannya pelanggan menggunakan layanan 4G LTE di berbagai daerah," ujar Yessie melalui siaran pers ke Kompas.com

Hingga akhir Desember 2017, XL Axiata telah menjangkau 360 kota untuk layanan 4G LTE. Dengan 4G LTE, akses ke konten-konten video dan film menjadi semakin baik dan nyaman untuk dinikmati.

Sementara untuk media sosial, yang paling banyak diakses pelanggan XL Axiata yakni Facebook, Twitter, Instagram, LINE, dan Youtube. Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform tersebut naik sebesar 15 persen.

Akses ke aplikasi WhatsApp menjadi yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70 persen pada 28 Desember 2017-1 Januari 2018. Sementara di malam tahun baru naik sampai dengan 1.000 persen dibandingkan malam biasanya.

Saat ini XL Axiata telah mengantisipasi naiknya trafik layanan data di beberapa daerah tujuan wisata sebagai tempat liburan pergantian tahun. Misal di Bandung, Yogyakarta, dan Bali. 

XL Axiata juga memperkuat layanan data di lokasi-lokasi yang berhubungan dengan transportasi publik, seperti terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, dan bandar udara.

"Penguatan juga dilakukan di sepanjang jalur jalan raya yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di Jawa yang menjadi tujuan wisata popular. Mengingat masa liburan kali ini yang cukup panjang," pungkas Yessie.

Kompas TV XL Axiata Uji Teknologi 5G & Cari Modal Tambahan Elevenia


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com