Lakukan 3 Hal Ini agar Resolusi Keuangan 2018 Tercapai - Kompas.com

Lakukan 3 Hal Ini agar Resolusi Keuangan 2018 Tercapai

Kompas.com - 04/01/2018, 11:00 WIB
IlustrasiThinkstockphotos.com Ilustrasi

KOMPAS.com - Selamat datang tahun 2018! Tahun baru, lembaran baru, semangat baru. Banyak orang bersemangat memasang berbagai target baru untuk dikejar tahun ini sebagai bagian dari resolusi tahunan.

Termasuk di dalamnya adalah resolusi keuangan. Mungkin Anda juga telah memiliki resolusi keuangan tahunan yang ingin Anda wujudkan tahun ini? Bila iya, apakah Anda sudah memiliki strategi jelas untuk mencapainya?

Resolusi berbeda dengan mimpi. Resolusi yang baik memiliki gambaran jelas mencakup strategi, tahapan pencapaian, target yang ingin diwujudkan dan tenggat waktu. Adapun mimpi biasanya hanya berupa gambaran besar, tanpa detail teknis pencapaian.

Nah, supaya resolusi keuangan Anda tahun ini bisa terwujud, lakukan beberapa tips berikut ini:

1.Perjelas target

Resolusi akan terhenti menjadi catatan semata bila target yang ingin Anda wujudkan tidak jelas. Misalnya, Anda ingin membeli rumah tahun 2018, maka perjelaslah apa saja rincian langkah yang harus Anda ambil bulan per bulan.

Sebagai contoh, di kuartal 1 Anda sudah harus memutuskan rumah mana yang akan Anda beli yang sesuai kemampuan kantong. Juga, metode pembelian seperti apa yang paling tepat bagi kondisi finansial.

Sedari awal juga Anda bisa memulai pengumpulan uang muka pembelian apabila hendak memakai skema KPR. Tentukan juga kapan tenggat terakhir pembelian rumah dilangsungkan.

Gambaran lain, Anda memasang resolusi tahunan untuk liburan istimewa tahun ini. Supaya kemungkinan terwujud besar tanpa menciderai kondisi finansial, Anda perlu memastikan berapa budget yang Anda siapkan, kapan dan kemana liburan akan berlangsung dan bagaimana cara mengumpulkan dana liburan tersebut.

2.Mulai sekarang juga

Begitu Anda menentukan sebuah resolusi, jangan menunda-nunda lagi untuk melakukan aksi nyata. Sebagai contoh, Anda ingin lebih disiplin berinvestasi untuk persiapan dana di masa depan.

Nah, ambil upaya mendisiplinkan diri dengan langsung mengaktifkan fitur investasi berkala di rekening investasi.

Contoh lain, Anda ingin lebih rajin mencatat arus masuk dan keluar keuangan, langsung mulailah membuat file khusus berisi data-data keuangan pribadi Anda, mulai dari catatan arus kas sampai neraca keuangan.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi di ponsel pintar yang kini sudah banyak tersedia untuk memudahkan pencatatan keuangan.

3.Tetapkan tenggat waktu

Menyusun garis waktu atau timeline untuk setiap resolusi keuangan yang Anda tetapkan adalah langkah krusial. Pastikan Anda menetapkan tenggat waktu untuk setiap tahapan pencapaian resolusi.

Misalnya, untuk resolusi renovasi rumah, bagi tahapan pencapaian target. Sebagai contoh, proses renovasi sudah harus berjalan paling lambat Februari 2018, lalu target renovasi tuntas paling lambat 6 bulan sejak proses renovasi berjalan.

Dengan menetapkan tenggat waktu mendetail, Anda bisa mengontrol sudah sejauh mana resolusi keuangan berjalan.

Selamat menyusun resolusi keuangan pribadi terbaik di awal tahun ini. 

Kompas TV Mengelola Keuangan Suami Istri

EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM