Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2018, Garuda Buka Rute Baru ke Zhengzhou dan Xi'an

Kompas.com - 05/01/2018, 21:21 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) mengumumkan rencana untuk membuka rute penerbangan internasional ke dua kota baru di China pada akhir Januari 2018.

Rute tersebut adalah Denpasar-Zhengzhou serta sebaliknya, dan Denpasar-Xi'an serta sebaliknya.

Direktur Kargo Garuda Indonesia, Sigit Muhartono mengatakan pengembangan rute internasional tersebut merupakan bagian dari strategi memperluas jaringan penerbangan.

Harapannya rute ini bisa meningkatkan pangsa pasar dari China sekaligus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari Negeri Tirai Bambu itu.

“Pembukaan dua rute internasional pada awal tahun ini sekaligus menggambarkan optimisme perusahaan dalam meningkatkan pertumbuhan market sharenya. Saat ini market share Garuda Indonesia pada rute Indonesia-Tiongkok berada pada dikisaran 35 persen”, ungkap Sigit dalam keterangan resminya, Jumat (5/1/2017).

Tingkat kunjungan wisatawan China ke seluruh dunia memang tergolong tinggi. Setiap tahun, ada sekitar 120 juta wisatawan dari sana yang terbang ke berbagai tujuan wisata di dunia.

Di sisi lain, pemerintah pemerintah Indonesia juga memiliki target untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Negeri Tirai Bambu ke Tanah Air. Target tersebut adalah meningkatkan jumlah kunjungan hingga mencapai 10 juta orang wisatawan pada 2019 mendatang.

"Komitmen tersebut tentunya menjadi potensi pasar yang akan terus kami kembangkan," ujar Sigit.

“Momentum beroperasinya rute baru penerbangan ke Tiongkok ini sekaligus menjadi bagian dari dukungan Garuda Indonesia terhadap upaya peningkatan trafik pariwisata Bali yang sebelumnya sempat terdampak aktivitas erupsi Gunung Agung. Kami optimistis dengan kondisi pariwisata Bali yang sudah kondusif,” imbuhnya.

Layanan penerbangan Denpasar – Xi’an direncanakan akan mulai beroperasi pada tanggal 29 Januari 2018 sebanyak 2 kali per minggu yang dilayani menggunakan armada Airbus A330 berkapasitas 360 penumpang.

Layanan penerbangan tersebut berangkat setiap hari Senin dan Jumat dari Denpasar pukul 16.55 local time dan tiba di Xian pada pukul 00.25 local time.

Adapun penerbangan Denpasar – Zhengzhou akan mulai beroperasi pada tanggal 30 Januari 2018 sebanyak 3 kali seminggu yang juga dilayani dengan armada Airbus A330-300. Layanan penerbangan tersebut berangkat setiap hari Selasa, Kamis, dan Minggu dari Denpasar pada pukul 11.35 local time dan tiba di Zengzhou pada pukul 18.25 local time.

Saat ini Garuda Indonesia telah melayani sedikitnya 63 penerbangan setiap minggunya yang terdiri dari penerbangan langsung ke kota – kota di Tiongkok seperti Denpasar – Chengdu PP, Denpasar – Beijing PP, Denpasar – Guangzhou PP, Denpasar – Shanghai PP, Jakarta – Guangzhou PP, Jakarta – Beijing PP, dan Jakarta – Shanghai PP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com