Berhemat Tanpa Korbankan Waktu Bersama? Inilah Tipsnya - Kompas.com

Berhemat Tanpa Korbankan Waktu Bersama? Inilah Tipsnya

Kompas.com - 07/01/2018, 13:30 WIB
Ilustrasi tabunganThinkstockphotos.com Ilustrasi tabungan

KOMPAS.com - Pada perkembangan zaman seperti saat ini, hubungan dengan orang lain di sekitar Anda menjadi salah satu hal yang cukup penting. Bahkan, koneksi dapat menjadi kunci bagi kesuksesan seseorang. Koneksi tersebut tentunya bisa didapatkan melalui bersosialiasasi dengan orang lainnya.

Semakin banyak koneksi yang Anda miliki, akan semakin banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan. Namun, untuk menjadi seseorang yang punya waktu bersama keluarga atau teman, tentunya membutuhkan pengorbanan.

Tak hanya waktu, tapi juga banyak uang yang terbuang. Apalagi jika Anda semakin aktif dalam bersosialisasi, tentu saja semakin banyak biaya yang dibutuhkan.

Meskipun begitu, Anda bisa melakukan penghematan sekaligus aktif bersosialisasi. Berikut ini beberapa tips berhemat yang bisa Anda lakukan tanpa perlu mengorbankan waktu bersama keluarga atau teman.

1. Jika Makan di Luar, Pesanlah Hidangan Penutup

Saat ini kebanyakan pertemuan dilakukan di restoran dan kafe. Hal ini tentu saja akan membuat Anda mengeluarkan biaya untuk makanan ataupun minuman yang dipesan di tempat tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba untuk memesan hidangan penutup. Hal ini secara tidak langsung akan membantu penghematan 20-50 persen untuk budget makan di luar.

2. Menonton Hemat

Pengeluaran lainnya yang cukup besar dan menguras kantong adalah biaya untuk menonton film di bioskop. Bahkan, harga tiket bioskop akan lebih mahal pada hari libur dibandingkan weekday.

Untuk menghemat hal ini, Anda bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang memberikan voucher diskon untuk pemesanan tiket bioskop agar dapat harga lebih murah.
Anda juga bisa melakukan penghematan dengan tidak membeli makanan atau minuman saat menonton.

Hal ini akan sangat efektif menghemat pengeluaran Anda tanpa harus mengorbankan waktu bersama teman-teman Anda.

3. Menonton Acara Musik secara Gratis

Anda bisa mencoba untuk menghadiri acara-acara musik yang diselenggarakan secara gratis. Bagaimana caranya? Anda bisa menjadi relawan atau volunteer untuk acara tersebut. Hampir semua acara-acara besar tentunya membutuhkan volunteer.

Anda bisa memanfaatkan hal ini. Dibandingkan harus membeli tiket mengapa tidak mencoba mendaftarkan diri menjadi relawan dalam acara tersebut.

Menjadi volunteer tentunya akan membuat Anda menonton konser secara gratis. Bahkan, Anda bisa bertemu dengan artis-artis pengisi acara secara langsung.

4. Membeli Barang Seken

Saat ini ada banyak aplikasi yang membantu Anda untuk mendapatkan barang-barang bekas yang berkualitas dengan harga yang beragam. Biasanya barang-barang ini akan diperjualbelikan di platform-platform online.

Membeli barang bekas tidak sepenuhnya buruk. Anda bisa membeli barang yang berkualitas meskipun dalam kondisi seken. Hal ini tentu saja dapat menghemat pengeluaran Anda secara efektif. Anda tetap dapat bergaya mengikuti tren terbaru tanpa mengeluarkan uang berlebihan.

5. Berikan Hadiah yang Memberikan Kesan

Semakin erat hubungan yang Anda miliki, tentu saja membuat Anda perlu memberi perhatian lebih. Karena itu, wajar-wajar saja jika Anda berusaha untuk memberikan barang-barang pada momen spesialnya, seperti ulang tahun, anniversary, dan masih banyak lainnya.

Namun, dibandingkan harus membeli barang-barang yang mahal, mengapa tidak mencoba untuk memberikan hadiah yang memberikan kesan. Hal ini tentu saja akan lebih mengesankan dibandingkan hadiah dengan harga yang mahal.

Misalnya, Anda ingin memberikan hadiah pada teman wanita. Cobalah untuk mempertimbangkan memberi hadiah yang mungkin sangat disukainya atau memang dibutuhkannya dibandingkan harus memberikan hadiah-hadiah yang mahal.

6. Memanfaatkan Diskon dan Promo

Perkembangan zaman, khususnya teknologi saat ini, memang dapat sangat membantu dalam penghematan.

Saat ini banyak sekali aplikasi e-commerce yang dapat membantu Anda menemukan beragam voucher diskon dan kupon dari berbagai sumber. Dengan begitu, Anda tetap bisa memiliki barang yang jadi keinginan tentunya.

Ingat, Selalu Sesuaikan dengan Kondisi Finansial

Memiliki waktu bersama keluarga dan teman memang penting, apalagi hal tersebut dapat memengaruhi kesuksesan Anda pada masa depan. Namun, tentu saja Anda harus menyesuaikan hal-hal yang membutuhkan pengeluaran dengan kondisi finansial.

EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM