Pendiri Uber Dikabarkan Jual Sahamnya ke Perusahaan Jepang - Kompas.com

Pendiri Uber Dikabarkan Jual Sahamnya ke Perusahaan Jepang

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 09/01/2018, 10:32 WIB
Travis Kalanick, cofounder Uber TOBIAS HASE/AFP/Getty Images Travis Kalanick, cofounder Uber

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Salah seorang pendiri Uber Travis Kalanick diprediksi segera menjadi miliarder. Pria yang sempat menjadi CEO ini berencana menjual sebagian saham Uber yang dimilikinya senilai sekitar 1,4 miliar dollar AS.

Mengutip USA Today, Selasa (9/1/2018), kabar penjualan saham Uber yang dimiliki Kalanick ini muncul setelah perusahaan investasi Jepang SoftBank dan konsorsium investor bersiap membeli 15 persen saham Uber senilai 48 miliar dollar AS. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan penghitungan valuasi sebelumnya, yakni 69 miliar dollar AS.

Kalanick sendiri memiliki 10 persen saham Uber yang nilainya mencapai 4,8 miliar dollar AS. Dia dikabarkan dapat menjual saham yang dimilikinya dengan nilai separuh dari angka tersebut.

Tahun 2017 boleh dikatakan tahun yang menantang bagi Uber. Perusahaan transportasi daring tersebut dituduh menciptakan lingkungan kerja yang seksis oleh mantan karyawannya, Susan Fowler.

Baca juga: Nilai Kekayaan 40 Miliarder Indonesia Capai Rp 1.623 Triliun

Gelombang permasalahan yang menghimpit Uber menyebabkan Kalanick mundur dari jabatannya sebagai CEO pada Juni 2017 lalu, sesuai desakan dari para investor. Uber pun dituntut oleh perusahaan kendaraan swakemudi milik Google, Waymo lantaran diduga mencuri teknologi.

Pada akhir Agustus 2017, Uber mengumumkan penunjukan mantan CEO Expedia Dara Khosrowshahi sebagai CEO menggantikan Kalanick. Dengan hadirnya Khosrowshahi, pengaruh Kalanick pun perlahan mulai pudar.

Kompas TV Kapal Pesiar Dijual Seharga Rp.6 Triliun

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorErlangga Djumena
SumberUSA Today
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM