Kodak akan Luncurkan Mata Uang Digital Khusus untuk Fotografer - Kompas.com

Kodak akan Luncurkan Mata Uang Digital Khusus untuk Fotografer

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 10/01/2018, 09:20 WIB
Ilustrasi fotograferThinkstockphotos.com Ilustrasi fotografer

ROCHESTER, KOMPAS.com - Perusahaan fotografi Kodak bekerja sama dengan WENN Digital mengumumkan peluncuran platform pengelolaan hak cipta foto bernama KODAKOne.

Selain itu, kedua pihak juga sepakat meluncurkan mata uang digital bernama KODAKCoin.

Menurut Kodak dalam laman resminya, Rabu (10/1/2018), mata uang digital tersebut dimaksudkan untuk memberdayakan fotografer dan agensi foto agar dapat memiliki kendali lebih besar dalam pengelolaan hak cipta foto.

"Menggunakan teknologi blockchain, platform KODAKOne akan menciptakan kepemilikan hak cipta yang terenkripsi dan digital bagi fotografer untuk mendaftarkan karya lama atau baru yang dapat dilisensikan di dalam platform itu," tulis Kodak.

Dengan KODAKCoin, menurut Kodak, merupakan wadah ekonomi baru bagi fotografer. Mereka bisa menerima pembayaran atas lisensi foto segera setelah penjualan.

Selain itu, fotografer amatir maupun proesional juga bisa dengan yakin menjual karya mereka dengan menggunakan KODAKCoin. Pasalnya, KODAKCoin didukung platform blockchain yang diklaim aman.

"Bagi banyak pihak di industri teknologi, blockchain dan mata uang digital adalah istilah yang sedang disorot, namun bagi fotografer, istilah ini adalah kunci untuk menyelesaikan masalah yang tidak terselesaikan," ujar CEO Kodak Jeff Clarke.

Ia mengatakan, Kodak selalu mendukung demokrasi fotografi dan menciptakan lisensi yang adil bagi fotografer. Teknologi mutakhir tersebut memudahkan komunitas fotografi untuk memperoleh apresiasi dengan cara yang mudah dan inovatif.

Adapun CEO WEBB Digital Jan Denecke menuturkan, sangat penting bagi fotografer untuk mengetahui karya dan penghasilan mereka ditangani dengan aman dan penuh kepercayaan. Inilah yang menjadi dasar hadirnya KODAKCoin.

"KODAKCoin adalah tentang bagaimana membayar fotografer secara adil dan memberi mereka kesempatan untuk terlibat dalam ekonomi baru yang dirancang khusus untuk mereka, dengan pengelolaan hak cipta aset yang aman," jelas Denecke.

Penawaran perdana koin alias initial coin offering (ICO) akan dilakukan pada 31 Januari 2018. Kodak membuka diri bagi investor dari AS, Inggris, Kanada, dan beberapa negara lain yang telah ditentukan.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorBambang Priyo Jatmiko
Sumberkodak.com
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM