Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Jokowi tentang Kerja Buruh Konstruksi dan Sumbangsih ke Infrastruktur

Kompas.com - 12/01/2018, 08:30 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat cerita seorang buruh konstruksi bernama Amin (33) dalam video yang dia unggah ke akun YouTube miliknya, Kamis (11/1/2018).

Melalui kisah Amin, Jokowi ingin menunjukkan siapa yang berperan di balik maraknya pembangunan infrastruktur sekaligus ingin mengapresiasi kerja mereka yang berjumlah sekitar tujuh juta orang di seluruh Indonesia.

Video tersebut diberi judul "Peluh Mereka untuk Kemajuan Indonesia". Pada bagian awal video, diceritakan keseharian Amin mulai dari berangkat kerja untuk membangun sebuah proyek bendungan di Banten dan pandangan Amin terhadap proyek-proyek infrastruktur.

"Emang harus dibesarin nih proyek kayak begini. Jadi istilahnya membuka lapangan kerja buat orang banyak lah istilahnya. Orang-orang seperti saya kan istilahnya ke mana kerja gitu," kata Amin.

Baca juga : Sri Mulyani: Anggaran Infrastruktur Besar, Jangan Dikorupsi

Amin juga mengaku lebih tenang bisa bekerja dalam sebuah proyek infrastruktur yang besar untuk waktu relatif lama. Dengan begitu, dia tidak perlu lagi memikirkan harus mencari-cari pekerjaan apa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya saat itu.

Amin turut berharap semua proyek infrastruktur yang telah selesai dikerjakan bisa dimanfaatkan dan dijaga dengan sebaik-baiknya. Perlu dijaga karena itu merupakan hasil kerja keras sesama orang Indonesia juga.

"Biar sampai anak cucu bisa menikmati hasil kerja saya gitu," tutur Amin.

Jokowi dalam video tersebut menyampaikan, kunci memenangkan persaingan dengan negara lain adalah pembangunan infrastruktur. Jokowi juga menyebut para buruh konstruksi memberi kontribusi yang besar dalam pembangunan infrastruktur sebagai sumber daya manusia yang andal, terampil, dan terlatih.

Baca juga : Apa yang Terjadi jika Investasi SDM dan Infrastruktur Tak Dilakukan Sekarang?

Presiden Jokowi juga meyakini hasil kerja orang Indonesia dalam proyek infrastruktur bisa lebih baik dari proyek buatan negara-negara lain.

"Kalau orang Jepang, orang Jerman, bisa membangun dengan kualitas yang baik, kenapa kita di Indonesia enggak bisa? Bisa kita!" ujar Jokowi.

Sebanyak tujuh juta warga Indonesia disebut Jokowi terlibat dalam pembangunan jalan, jembatan, bendungan, pelabuhan, bandara, dan proyek infrastruktur lainnya di seluruh wilayah Indonesia. Bila dibagi berdasarkan zona, terdapat 24 proyek di Kalimantan, 27 proyek di Sulawesi, 13 proyek di Maluku dan Papua, 61 proyek di Sumatera, dan masih banyak lagi.

"Para pekerja inilah yang berada di balik percepatan proyek-proyek pembangunan yang gencar di Indonesia kini. Mereka bekerja seolah tak kenal lelah, demi kemajuan Indonesia," ucap Jokowi.

Baca juga : Jokowi: Di NTT Cukup 7 Bendungan Dulu, Embung yang Ditambah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com