BI Buka Kantor Perwakilan di China - Kompas.com

BI Buka Kantor Perwakilan di China

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 12/01/2018, 11:15 WIB
Gedung Bank IndonesiaKOMPAS/WISNU WIDIANTORO Gedung Bank Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia ( BI) membuka kantor perwakilan di Beijing, China. Pendirian kantor ini dimulai sesuai kesepakatan yang telah ditandatangani oleh Gubernur BI Agus DW Martowardojo dan Gubernur Bank Sentral China (PBoC) Zhou Xiaochuan.

Kesepakatan ini merupakan tonggak sejarah penting dalam hubungan bilateral kedua bank sentral. Pun sejalan dengan semakin pentingnya peran China dalam perekonomian global dan kawasan, termasuk bagi Indonesia.

“Keberadaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Beijing diharapkan dapat semakin mengoptimalkan hubungan ekonomi dan keuangan kedua negara”, kata Agus dalam keterangan resmi, Jumat (12/1/2018).

Agus pun menyatakan, pendirian kantor perwakilan BI di China diharapkan bakal meningkatkan pemahaman tentang perkembangan dan kebijakan ekonomi dan keuangan di China serta implikasinya bagi Indonesia.

Baca juga : Sejumlah Perusahaan Besar Ajukan Izin Uang Elektronik, Ini Komentar BI

Sejalan dengan itu, pendirian Kantor Perwakilan BI di China juga akan semakin memperkuat kerja sama yang telah berjalan baik antara kedua bank sentral.

Kantor Perwakilan juga akan memiliki peran penting sebagai kontak utama dan penghubung dengan PBoc, badan pemerintah China lainnya, dan para pelaku pasar keuangan di China.

Kantor Perwakilan di Beijing ini merupakan kantor perwakilan luar negeri yang kelima didirikan BI. BI pun sudah memiliki kantor perwakilan di Tokyo, Jepang, Singapura, London, Inggris, dan New York, AS.

Kompas TV Suka bunga perbankan dirasa makin tinggi, rumah pun makin sulit dimiliki.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM