Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Italia, Ada Perusahaan Mode Bernama Steve Jobs

Kompas.com - 15/01/2018, 11:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Verge

ROMA, KOMPAS.com - Mendiang Steve Jobs dikenal sebagai pendiri raksasa komputer Apple Inc. Kepergiannya pada tahun 2011 silam memberikan duka mendalam bagi banyak pihak, terutama bagi pecinta Apple dan mereka yang terkesan dengan kontribusi Jobs terhadap inovasi.

Akan tetapi, siapa sangka ternyata ada perusahaan mode asal Italia bernama Steve Jobs? Perusahaan ini didirikan oleh kakak beradik Vincenzo dan Giacomo Barbato.

Mengutip The Verge, Senin (15/1/2018), Steve Jobs sempay digugat oleh Apple karena menggunakan nama sang pendiri legendaris. Namun, akhirnya Barbato bersaudara memenangkan gugatan dan tetap bisa menggunakan nama Steve Jobs sebagai merek produk mereka.

Gugatan ini terjadi pada tahun 2012 silam. Kala itu Barbato bersaudara menyadari bahwa Apple tidak pernah mendaftarkan hak cipta nama pendiri mereka.

Pun kala itu Barbato bersaudara sudah dalam proses memulai perusahaan mode dan aksesoris mereka sendiri setelah bertahun-tahun menciptakan produk untuk merek lain. Mereka merasa Steve Jobs adalah nama yang sesuai untuk produk busana kreasi mereka.

Sesuai dengan dugaan, Apple menggugat Steve Jobs karena diduga melanggar hak cipta. Gugatan tersebut dilayangkan ke Kantor Hak Properti Intelektual Uni Eropa.

Di dalam kasus tersebut, permasalahan juga muncul soal logo Steve Jobs, di mana huruf J tampil seperti tergigit dan ada gambar daun. Tampilan ini tentu saja mirip sekali dengan logo Apple yang sudah dikenal luas di seluruh dunia.

Namun, pengadilan menyatakan bahwa tampilan itu tak bisa digugat. Akhirnya, Barbato bersaudara memenangkan gugatan tersebut dan bisa terus menggunakan nama Steve Jobs.

Saat ini, Barbato terus menciptakan beragam produk mode di bawah bendera Steve Jobs, mulai dari tas, celana jins, T-shirt, hingga aksesoris mode pria lainnya. Dalam sebuah wawancara, Barbato bersaudara juga mengutarakan keinginannya untuk menciptakan produk elektronik layaknya mendiang Jobs.

Kompas TV Perusahaan besutan Steve Jobs ini melepas iPhone X secara perdana ke sejumlah negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com