Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Ekonomi Digital, Alibaba Ajak UKM di Indonesia Kembangkan Bisnis

Kompas.com - 15/01/2018, 20:01 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Alibaba berupaya mendorong pelaku UKM terus berkembang di Indonesia dan memanfaatkan internet sebagai sarana untuk pemasaran.

Director Corporate Affairs Alibaba Group Rico Ngai menuturkan prospek bisnis pelaku UKM di Indonesia cukup besar. Karena itu pihaknya ingin mendorong agar pelaku bisnis tersebut memiliki kapasitas yang lebih baik agar bisa memanfaatkan kesempatan yang ada.

"Sebagaimana di China para pelaku UKM bisa mendapatkan pasar dengan memanfaatkan Alibaba, kami ingin agar kehadiran Alibaba di Indonesia juga bisa membantu lebih banyak UKM untuk berkembang," ujarnya saat berkunjung ke kantor Kompas.com, Senin (15/1/2018).

Menurut Rico, Alibaba memfasilitasi kegiatan pemasaran para pelaku UKM di Indonesia melalui Tokopedia. Selain itu, perusahaan e-commerce dari China ini juga menyelenggarakan berbagai pelatihan guna meningkatkan kapasitas UKM.

"Pelatihan meliputi bagaimana cara mengepak yang baik, kemudian bagaimana cara memasarkan produk," lanjut dia.

Rico menyatakan potensi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia sangat besar. Karena itu pelaku UKM memiliki kesempatan untuk meningkatkan skala bisnisnya karena besarnya pasar yang ada.

Sejak didirikan pada 1999, Alibaba Group telah membantu banyak pelaku bisnis dalam hal pemasaran, penjualan, dan pengoperasian. Saat ini lini bisnis perusahaan yang didirikan Jack Ma ini mencakup e-commerce, cloud computing, serta media dan hiburan digital.

Hingga 30 September 2017, Alibaba telah memiliki 488 juta konsumen aktif di semua ritel marketplace di China. Para konsumen tersebut terhubung dengan jutaan penjual dan brand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com