Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Lulusan Sekolah Pilot Menganggur dan Harga Minyak jadi Berita Terpopuler

Kompas.com - 25/01/2018, 08:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak diperkirakan akan melambung dalam beberapa waktu ke depan. Hal ini menjadi salah satu berita terpopuler dikanal Ekonomi sepanjang hari kemarin, Rabu (25/1/2018).

Berita lain yang juga masuk terpopuler adalah mengenai banyaknya lulusan sekolah pilot yang menganggur. Berikut lima berita terpopuler di kanal Ekonomi sepanjang hari kemarin:

1. Beberapa Bulan Lagi, Harga Minyak Akan Melambung Tinggi?

Harga minyak diprediksi akan bergerak lebih tinggi menuju 80 dollar AS per barrel dalam waktu dekat.

Hal ini akan terjadi sejalan dengan adanya kekhawatiran anjloknya produksi dari salah satu negara produsen minyak terbesar di Amerika Latin.

Berbicara pada pertemuan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, CEO perusahaan migas Uni Emirat Arab, Majid Jafar, menyebut, harga minyak dapat melompat tinggi dalam beberapa bulan ke depan.

2. Banyak Pilot yang Menganggur, Ini Penjelasan Menhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan penyebab tingginya jumlah pilot yang menganggur tidak hanya persoalan kompetensi, tetapi terkait juga dengan jumlah pesawat yang dioperasikan maskapai penerbangan di Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menceritakan, saat ini tingkat pertumbuhan penumpang penerbangan mencapai kisaran 9 persen per tahun.

3. Naik 10,7 Persen, Laba Bersih BRI Tahun 2017 Tembus Rp 29 Triliun

Sepanjang tahun 2017, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk ( BRI) meraup laba bersih Rp 29,04 triliun atau tumbuh 10,7 persen jika dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 25,8 triliun.

Direktur Strategi Bisnis dan Keuangan BRI Haru Koesmahargyo mengatakan, pertumbuhan laba tersebut ditopang oleh kenaikan jumlah penyaluran kredit mencapai Rp 739,3 triliun atau tumbuh 11,4 persen jika dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 663,4 triliun.

4. Senat AS Setujui Jerome Powell sebagai Gubernur The Fed

Mengutip The New York Times, Rabu (24/1/2018), Powell akan dilantik menggantikan Yellen pada 3 Februari 2018 mendatang. Powell, seorang republiken, sebelumnya telah duduk di kursi anggota pimpinan The Fed sejak tahun 2012 silam dan selalu memberikan suaranya untuk tiap keputusan kebijakan bank sentral.

5. Goldman Sachs Peringatkan Risiko Investasi Bitcoin

Bank terkemuka AS Goldman Sachs menyatakan kondisi mata uang virtual bitcoin kini sudah mencapai bubble.

Kondisi ini adalah ketika harga suatu instrumen investasi melonjak sangat tinggi hingga mengancam stabilitas keuangan.

Bahkan, Goldman Sachs menyatakan bubble bitcoin lebih dahsyat dibandingkan bubble dot-com dan bubble tulip di Belanda yang terjadi pada abad ke-17 silam. Hal ini diungkapkan Goldman Sachs dalam laporan risetnya kepada investor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com