Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Menuju 1.400 Dollar AS Per Ons Troi dalam 2 Minggu

Kompas.com - 26/01/2018, 10:24 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.comHarga emas dunia bisa menguat ke level tertinggi jika dollar AS terus menurun dan pasar ekuitas berbalik arah mengalami koreksi.

Kepala perdagangan lembaga broker Oanda Corp untuk Asia Pasifik, Stephen Innes, mengatakan kepada Bloomberg, harga emas di level 1.400 dollar AS per ons troi diperkirakan terjadi dalam dua minggu ke depan (1 ons troi sama dengan 31,1 gram).

Seperti diberitakan sebelumnya, Bloomberg Dollar Spot Index terjun bebas ke level terendah sejak 2014 setelah Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mendorong penurunan mata uang dollar AS pada World Economic Forum di Davos, Kamis (25/1/2018).

Sementara itu, pasar ekuitas global terus mencapai rekor terbaru dalam beberapa bulan terakhir. Emas juga demikian. Emas naik ke level 1.366,15 per ons troi pada penutupan perdagangan Kamis (25/1/2018), yang merupakan rekor ternaik sejak Agustus 2016.

Baca juga : Emas Investasi Terbaik? Simak 3 Strategi Terbaik Berinvestasi Emas

Emas sudah naik lebih dari 8 persen sejak pertengahan Desember 2017 seiring menurunnya dollar dan para investor mencari proteksi dari risiko koreksi di pasar saham dan naiknya inflasi.

Pemegang emas dalam perdagangan berjangka terus menguat sejak 2013. Para menajer keuangan juga memperkuat cadangan emasnya di bursa Comex sejak pertengahan Desember 2017.

Harga spot emas di Goldprice.org.mid per 25 Januari 2018Goldprice.org.mid Harga spot emas di Goldprice.org.mid per 25 Januari 2018

Tidak hanya Oanda Corp yang memprediksi harga emas akan segera tembus di level 1.400 dollar AS per ons troi. Hal yang sama juga dikemukakan oleh Australia & New Zealand Banking Broup Ltd (ANZ) yang memperkirakan harga emas akan mencapai level tersebut pada semester I 2018.

"Kami melihat dorongan dari pasar finansial membuat pasar emas menguat. Pelemahan dollar dan naiknya risiko koreksi pasar saham akan mendorong (emas)," kata Daniel Hynes, salah satu analis dalam laporan ANZ.

Baca juga: Dollar AS Melemah, Harga Emas Menguat

Gavin Wendt, senior resource analyst di MineLife Pty melihat bahwa pelemahan dollar AS akan berguna bagi sektor perdagangan negara tersebut dan untuk mengelola naiknya beban utang.

Dia juga memperkirakan emas akan terdampak akibat pelemahan dollar AS dan mencapai level 1.400 dollar AS per ons troi pada tahun ini.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com