Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelancong Asia Mulai Lirik Indonesia

Kompas.com - 27/01/2018, 19:02 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com – Pelancong Asia mulai melirik Indonesia sebagai tujuan perjalanan wisata menggunakan kapal pesiar. Selain Bali, Surabaya adalah pilihan perjalanan mereka.

Informasi yang diterima Kompas.com melalui siaran pers pada Sabtu (27/1/2018) dari Pakuwon Group menunjukkan kapal pesiar Genting Dream Cruise merapat di Pelabuhan Tanjung Perak.

 Pelabuhan ini menjadi pilihan lantaran memiliki kedalaman perairan 14 meter. Hal ini memudahkan kapal berbobot 150, 001 ton ini bisa bersandar. “Pelabuhan ini dilengkapi dengan terminal pelabuhan yang nyaman,” kata Marketing Manager Genting Dream Cruise Line, Hari Susanto.

Terkait peluang yang bisa diperoleh masyarakat dengan kehadiran kapal pesiar itu, Direktur Pakuwon Group Sutandi Purnomosidi mengatakan kedatangan kapal pesiar mendatangkan pasar tersendiri bagi perekonomian Surabaya.

 “Jika kapasitas Genting Dream Cruise ini minimal 3000 penumpang dengan okupansi 70 persen,   ada 2000 orang yang dapat dimanfaatkan pelaku bisnis, khususnya di bidang kuliner, ritel dan pariwisata,” katanya.

Catatan Sutandi menunjukkan pada kedatangan sebelumnya, ada 11 bis penumpang Cruise yang berkunjung ke Tunjungan Plaza, salah satu mal yang dikelola Pakuwon Grup.

“Jika satu orang saja menghabiskan 100 dollar AS minimal untuk kuliner dikalikan 400 orang dari 11 bis itu sudah awal yang bagus,” lanjut Sutandi.

Surabaya merupakan salah satu pasar  terbesar penumpang kapal pesiar berkapasitas 1600 kamar dangan minimal penumpang 3200 itu. Pada Desember 2017 adan 2600 penumpang dari Indonesia dan 600 di antaranya dari Surabaya. 

Genting Dream adalah resor mewah terapung yang dirancang khusus untuk pasar Asia, yang memulai pelabuhan asal pelayarannya di Singapura pada  16 November 2017. Genting Dream membawa para tamu pada berbagai paket pelayaran akhir pekan selama dua malam dan lima malam pada pelayaran hari Minggu dari Singapura ke destinasi-destinasi di Selat Malaka dan Laut Jawa. 

Kapal ini dilengkapi area kegiatan rekreasi dan hiburan termasuk enam seluncuran air, panjat tebing, zip line sepanjang 35 meter yang berayun di atas laut terbuka, lapangan golf mini, arena bowling glow in the dark, Teater Zodiac dengan 999 tempat duduk untuk pertunjukan kelas dunia, fasilitas karaoke yang canggih, serta klub malam Zouk yang terkenal secara internasional dan Zouk Beach Club untuk pesta Zouk Out At Sea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com