Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP I: Ada Kemungkinan Bandara Adisutjipto Disamakan dengan Halim

Kompas.com - 28/01/2018, 07:30 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - General Manager Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, menyebut ada wacana menjadikan bandara tersebut serupa dengan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma di Jakarta.

Hal itu diungkapkan karena akan ada bandara baru yang ditempatkan di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yaitu New Yogyakarta International Airport (NYIA).

"Kami dapat arahan dari direksi, ada kemungkinan Adisutjipto disamakan dengan Halim," kata Pandu saat ditemui di kantornya, Jumat (26/1/2018).

Dia menuturkan, disamakan dengan Halim dalam arti tetap ada penerbangan komersial atau sipil namun dalam kapasitas yang terbatas.

Baca juga : Adisutjipto, Bandara Paling Crowded dengan Kapasitas Terbatas

 

Bandara Adisutjipto pada dasarnya milik TNI Angkatan Udara yang hingga kini dioperasikan bersama dengan kegiatan penerbangan komersial.

Dalam hal kepentingan militer, Bandara Adisutjipto berfungsi sebagai pangkalan utama TNI AU dan Pusat Pendidikan Penerbang TNI AU.

Dengan makin bertambahnya jumlah penumpang serta pergerakan pesawat sipil, maka kondisi di Adisutjipto sudah sangat padat dan tidak bisa dikembangkan lagi dengan pertimbangan kondisi alam sekitar.

"Wacananya seperti itu, tapi belum ada keputusan lebih lanjut," tutur Pandu.

Jika wacana itu akhirnya dilaksanakan, maka sebagian besar kegiatan penerbangan komersial akan pindah dari Bandara Adisutjipto ke NYIA.

Meski begitu, masih ada beberapa rute penerbangan sipil yang dipertahankan di Adisutjipto.

Kompas TV Setelah menghabiskan waktu berlibur di Bali, Barack Obama dan keluarga tiba di Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com