Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atur Gaji Supaya di Awal Tahun Isi Kantong Tidak Berantakan

Kompas.com - 28/01/2018, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Selamat menikmati gaji pertama di tahun 2018! Mungkin Anda merasa gaji yang cair di akhir Januari ini begitu lama datang, terlebih bila pengeluaran Anda sebelumnya banyak tersedot seiring kedatangan banyak libur akhir tahun dan tahun baru lalu.

Nah, kini Anda bisa bernafas lega gaji telah cair. Saatnya bagi Anda untuk mengelola keuangan lebih baik ketimbang bulan lalu. Lebih-lebih bila Anda sudah menetapkan apa saja tujuan keuangan yang harus dijalankan tahun ini.

Berikut ini cara mudah mengelola penghasilan supaya isi kantong selalu aman tidak berantakan, seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan kartu kredit dan pinjaman HaloMoney.co.id:

1. Buat alokasi anggaran

Alokasi anggaran sangat penting supaya Anda memiliki bekal penggunaan uang minimal selama satu bulan ke depan. Biasakan membuat rencana anggaran yang jelas dan detail.

Anda bisa mencatatnya dalam berbagai aplikasi, mulai dari buku catatan, aplikasi keuangan di ponsel pintar atau mencatat di google sheet/excel.

Anggaran berisi informasi pendapatan dan belanja. Di kolom pendapatan, perincilah apa saja pendapatan yang Anda peroleh dan akan Anda dapatkan bulan ini.

Misal, gaji rutin, insentif bulanan, honor freelance work, dividen dari kepesertaan modal di sebuah bisnis, hingga pendapatan bunga dari aset yang Anda putarkan di produk keuangan.

Adapun di kolom pengeluaran, daftarnya akan lebih banyak dan terperinci. Anda bisa membaginya menurut kelompok pengeluaran. Yaitu, pengeluaran rumahtangga rutin mulai dari belanja kebutuhan dapur, listrik, air, gas, uang sekolah anak, dan lain sebagainya.

Ada pula kelompok pengeluaran untuk utang, mulai dari tagihan kartu kredit, cicilan KPR atau KKB, dan lain-lain. Porsi pengeluaran untuk pos utang maksimal memakan 30 persen dari total penghasilan Anda, idealnya.

Selanjutnya kelompok pengeluaran untuk menabung atau investasi kebutuhan masa depan. Juga alokasi pengeluaran untuk pos-pos lain.

2. Langsung eksekusi

Setelah membagi penghasilan ke dalam pos-pos perencanaan anggaran, saatnya langsung beraksi. Misalnya, tagihan kartu kredit langsung Anda bayarkan jangan pakai ditunda-tunda lagi. Begitu juga untuk porsi tabungan atau investasi, segerakan untuk merealisasikan.

Banyak orang yang menunda eksekusi menabung dan investasi ini sehingga justru mengharapkan sisa-sisa penghasilan di akhir bulan.

Kebiasaan ini akan membuat rencana keuangan Anda bisa berantakan. Maka itu, biasakan menyisihkan porsi penghasilan untuk membayar utang dan tabungan di awal penerimaan gaji.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com