Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Segera Resmikan Program Panen dan Tanam Padi Serentak

Kompas.com - 31/01/2018, 18:24 WIB
Hadi Maulana

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko dijadwalkan menghadiri acara pencanangan gerakan percepatan panen dan tanam serentak padi dan jagung di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), pada Kamis (15/2/2018).

Pencanangan akan dilakukan di lahan seluas 1.800 hektar. Ke depan, Kabupaten Lingga akan dijadikan pusat pangan untuk wilayah Kepri.

Hal itu disampaikan Bupati Lingga, Alias Wello, pada Rabu (31/1/2018). Mantan Ketua DPRD Lingga ini merupakan penggagas gerakan tersebut. 

Alias Wello berharap jadwal kedua pejabat negara tersebut tidak akan berbenturan dengan kegiatan kenegaraan lain yang mendesak.

Baca juga : Luas Tanam Padi Oktober-September Turun, Harga Beras Mahal

"Gerakan percepatan panen dan tanam serentak padi dan jagung juga bertujuan untuk menjaga kestabilan pangan di Kabupaten Lingga dan Kepri umumnya," kata Alias.

Dia berharap gerakan percepatan panen dan tanam serentak tersebut juga mampu memberi energi baru bagi kebangkitan sektor pertanian di bumi Bunda Tanah Melayu, menuju Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor (LPBE) di wilayah perbatasan.

Menurut dia, gerakan ini adalah momentum untuk membuktikan bahwa Kabupaten Lingga yang selama ini dikenal sebagai daerah kepulauan dengan kultur masyarakatnya sebagai nelayan, mampu bangkit dan menjadi daerah penyangga kebutuhan pangan di wilayah perbatasan.

"Jadi, kita tidak lagi bergantung pada pasokan pangan impor," ungkapnya.

Kegiatan ini sendiri selain melibatkan ribuan orang dari kelompok tani, juga akan melibatkan TNI-Polri, ASN, OKP, Ormas dan Pelajar serta mahasiswa. Mereka diagendakan melakukan penanaman serentak di tujuh lokasi sawah yang tersebar di Pulau Singkep dan Lingga.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Lingga memiliki 604 pulau besar dan kecil dengan jumlah penduduk sekitar 102.000 jiwa. Sebagian besar wilayahnya atau sekitar 95 persen adalah lautan. Mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan. 

Sejak masa kejayaan Kerajaan Riau Lingga-Johor-Pahang pada abad ke-18, sektor pertanian, khususnya budidaya padi dianggap mitos di Lingga.

Namun, di era kepemimpinan Bupati Lingga, Alias Wello yang dilantik 17 Februari 2016 lalu, sektor pertanian menjadi program unggulan daerah.

Kompas TV Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi menjamin ketersediaan dan stabilitas harga pangan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com