Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PPN: Warga Miskin 26 Juta Jiwa, Itu Bukan Jumlah yang Sedikit

Kompas.com - 01/02/2018, 20:53 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, angka kemiskinan di Indonesia pada 2017 lalu, sebesar 10,12 persen merupakan yang paling rendah sepanjang sejarah.

Kendati demikian, catatan tersebut bukanlah suatu capaian yang patut dibanggakan, karena toh kenyataannya jumlah warga miskin masih mencapai puluhan juta orang.

"(Persentase kemiskinan) itu setara dengan 26 juta jiwa. Dan tentunya, itu bukan jumlah yang sedikit. Bahkan jumlahnya lebih besar dari penduduk Australia," sebut Bambang saat bicara di sela rapat Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Perbuhungan (Kemenhub) tahun Anggaran 2019, Kamis (1/2/2018).

Dia menyebutkan, untuk bisa menghapus kemiskinan yang dialami puluhan juta jiwa itu perlu perhatian dari pemerintah.  Misalnya dengan mengarahkan pembangunan infrastruktur untuk menguatkan konektivitas antara daerah, sehingga perekonomian bisa tumbuh.

Baca juga: BPS: Penduduk Miskin Turun 1,19 Juta Orang di 2017

"Ini tugas Bapak, Ibu bahwa pembangunan konektivitas mesti diarahkan pada simpul-simpul yang menyebabkan saudara kita miskin," sebut dia.

Menurut Bambang, saat ini bisa dilihat dengan jelas bahwa masih ada ketimpangan pembangunan yang sangat besar di daerah.

Sebagai contoh, wilayah Banten yang paling dekat dengan Jakarta, dan Bengkulu. Konektivitas antara desa satu dengan lainnya di wilayah tersebut sangat lemah, sehingga perekonomian terhambat.

"Bengkulu kelihatan miskin karena terisolasi, baik dari lintas sumatera juga dari kabupatennya. Banyak desa yang tidak punya jaringan konektivitas," ucap Bambang.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS mengumumkan bahwa jumlah penduduk miskin di Tanah Air pada September 2017 lalu mencapai 26,58 juta jiwa.

Angka tersebut merupakan penurunan 4,28 persen dibandingkan jumlah penduduk miskin pada Maret 2017, sebesar 27,77 juta jiwa.

Dari total tersebut, jumlah penduduk miskin paling banyak terdapat di desa. Pada Maret 2017, total warga miskin di desa mencapai 17,10 juta jiwa, sedangkan pada September 2017 totalnya mencapai 16,31 juta jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com