Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Digital Buat Bank Lebih Efisien

Kompas.com - 06/02/2018, 08:47 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi memberikan angin segar bagi pelaku industri perbankan. Selain bisa meningkatkan layanan kepada nasabah, melalui teknologi juga dapat meningkatkan efisiensi bisnis perbankan.

Direktur Teknologi Informasi, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) Karim Siregar, mengatakan, teknologi digital berdampak pada efisiensi biaya yang dikeluarkan oleh perbankan.  Namun, perbankan juga berpotensi kehilangan pangsa pasar, sebab, financial technology (fintech) mulai masuk ke industri perbankan.

"Efisiensi perbankan akan sangat baik sehingga biaya pelayanan akan turun namun akibatnya bank akan kehilangan sumber pendapatan," ujar Karim saat menjadi pembicara pada acara Disruptif Ekonomi Digital di Ritz Carlton, Jakarta, Senin (5/1/2018).

Karim menyebutkan, efisiensi perbankan melalui teknologi bisa didapatkan melalui turunnya biaya pembukaan dan pengelolaan rekening nasabah, penurunan biaya pada saat penarikan dan proses menabung.

Baca juga: Jokowi: Perbankan Jangan Asyik Mengumpulkan DPK...

Sebagai contoh, dalam satu tahun perbankan harus mengeluarkan biaya sebesar 100 dollar AS guna melayani nasabah nya secara tradisional, sedangkan jika menggunakan sistem digital, biaya yang dikeluarkan hanya 5 dollar AS per tahun.

Terkait hilangnya potensi pasar, Karim mengatakan, saat ini mau tidak mau perbankan harus berkolaborasi dengan fintech.  Sebab fintech yang berkembang saat ini memiliki kemampuan analisis data, efisiensi biaya, dan berorientasi pada kebutuhan konsumen.

Menurut Karim, BTPN sendiri telah mengeluarkan beberapa produk yang berorientasi pada perkembangan teknologi yakni BTPN Wow! dan Jenius.

Kompas TV Produsen makanan Indofood memperluas kanal distribusi penjualan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com