Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2017, Pertumbuhan Ekonomi DKI Jakarta 6,22 Persen

Kompas.com - 06/02/2018, 17:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta melaporkan, perekonomian DKI Jakarta tumbuh 6,22 persen secara tahunan (yoy). Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan pada tahun 2016 sebesar 5,88 persen.

Deputi Direktur KPw BI DKI Jakarta Fadjar Majadi menyatakan, pertumbuhan ekonomi ibu kota pada tahun 2017 didorong adanya pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada). Selain itu, perekonomian DKI Jakarta juga sudah mulai terdorong peningkatan kegiatan investasi dan ekspor.

"Namun dengan melemahnya kinerja belanja pemerintah pada akhir tahun, pertumbuhan ekonomi ibukota pada kuartal IV 2017 tercatat melemah dengan angka pertumbuhan yang hanya mencapai 5,88 persen (yoy)," kata Fadjar dalam pernyataan resmi, Selasa (6/2/2018).

Baca juga : Pada 2017, Pertumbuhan Ekonomi di Seluruh Kawasan Indonesia Positif

Secara keseluruhan tahun, akselerasi pertumbuhan ekonomi didorong membaiknya investasi dengan pertumbuhan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) pada tahun 2017 yang cukup tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

Ini terutama dengan terus berlanjutnya investasi bangunan yang diinisiasi pemerintah melalui pembangunan sejumlah proyek infrastruktur dan konstruksi yang dimulai serentak pada awal 2017.

Bersamaan dengan peningkatan kinerja ekspor, akselerasi kinerja investasi tersebut berimplikasi pada dorongan kinerja impor. Sehingga, pertumbuhan impor pada keseluruhan 2017 juga mengalami akselerasi yang cukup tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kemampuan konsumsi rumah tangga di DKI Jakarta selama tahun 2017 tetap terjaga dengan capaian pertumbuhan yang menguat dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga : BI: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,1 Persen di Tahun 2017

 

Sementara itu, pesta demokrasi yang berlangsung pada tahun 2017, khususnya Pilkada serentak di DKI Jakarta serta beberapa daerah lainnya turut berkontribusi pada akselerasi pertumbuhan ekonomi Ibukota, melalui capaian konsumsi Lembaga Non-Publik yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) yang tumbuh cukup tinggi pada tahun 2017

Dengan momentum akselerasi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017, kata Fadjar, BI memperkirakan fase perbaikan ekonomi DKI Jakarta akan terus berlanjut pada tahun 2018.

Pertumbuhan ekonomi Ibukota pada tahun ini akan didorong oleh pelaksanaan Asian Games, yang akan berdampak pada peningkatan konsumsi serta ekspor jasa melalui kunjungan wisatawan asing dan kontingen yang akan bertanding.

"Selain itu, Pilkada serentak, yang juga akan diselenggarakan pada tahun ini, serta persiapan Pilpres pada tahun depan akan kembali mendorong pertumbuhan konsumsi LNPRT," tutur Fadjar.

Kompas TV Ruas Jalan Jatinegara Barat yang sempat ditutup sudah bisa dilalui kendaraan meski hanya satu jalur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com