Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditargetkan "Softlaunch" Mei 2018, Bandara Kertajati Layani Penerbangan Haji

Kompas.com - 07/02/2018, 21:38 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Kertajati ditargetkan beroperasi pada tengah tahun ini. Sebagai awal, rencananya PT Angkasa Pura II (persero) akan menggunakan bandara ini untuk melayani penerbangan umrah dan haji.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, saat ini konstruksi Bandara Kertajati hampir rampung. Harapannya pada Mei tahun ini bisa melakukan soft launching bandara tersebut.

"Kami prioritaskan percepatan kontruksi yang saat ini sudah mencapai 85 persen-86 persen. Kemudian bulan Mei akan dilakukan soft launching dan Juni sudah bisa operasi untuk haji, setelah itu umrah," sebutnya, Rabu (7/2/2018).

Sebagai informasi saja, pada awal tahun ini AP II menandatangani kerja sama operasi (KSO) untuk mengoperasikan Bandara Kertajati. Artinya bandara internasional di Jawa Barat tersebut resmi menjadi bandara ke-15 yang dikelola AP II.

Baca juga: Bandara Kertajati Subang Ditargetkan jadi Embarkasi Haji

Selain percepatan konstruksi, perusahaan ini juga akan menambah panjang landasan pacu (runway) yang sudah dibangun. Saat ini panjang lintasan dibangun sepanjang 2.500 meter. Nantinya AP II akan menambah sepanjang 500 meter lagi sehingga panjang lintasan akan mencapai 3.000 meter pada saat operasi dimulai. (Kontan/Andy Dwijayanto)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Bandara Kertajati di tahap awal akan layani penerbangan umrah dan haji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com