Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP II Bidik Pendapatan Rp 9,4 Triliun di 2018

Kompas.com - 08/02/2018, 10:15 WIB
Achmad Fauzi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II membukukan pendapatan pada tahun 2017 sebesar Rp 8,2 triliun. Perolehan tersebut naik 24 persen dibandingkan tahun sebelumnya di 2016 sebesar Rp 6,6 triliun. 

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, raihan pendapatan tersebut disumbang dari pendapatan aeronautika seperti tarif pelayanan jasa penumpang pesawat udara, biaya pendaratan pesawat, dan pemakaian pesawat sebesar Rp 5,01 triliun. 

"Selain itu bisnis non-aeronautika seperti sewa ruang, reklame, dan bisnis kargo juga menyumbang Rp 3,23 triliun," ujar Awaluddin di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu (7/2/2018). 

Menurut Awaluddin, peningkatan pendapatan ini juga disumbang dari naiknya arus penumpang di bandara yang dikelola perseroan. 

Baca juga : AP II: Pekerjaan Pembangunan Rel Kereta Bandara oleh PT KAI yang Kontraktornya Waskita Karya

Pada tahun 2017, perseroan mencatat jumlah penumpang sebanyak 105 juta penumpang atau naik 10,83 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 95 juta penumpang. 

Pergerakan pesawat juga mengalami peningkatan 13,46 persen dari 723.799 pergerakan menjadi 821.188 pergerakan. 

"Kenaikan arus penumpang dan pergerakan pesawat itu dikarenakan kebijakan kami yang memberikan sejumlah insentif kepada maskapai yang membuka rute baru," jelas dia. 

Target 2018

Awaluddin menargetkan, pada tahun 2018 perseroan membidik pendapatan Rp 9,4 triliun atau tumbuh 17,6 persen. Selain itu, perusahaan membidik jumlah lalu lintas penumpang sebanyak 119 juta orang pada tahun ini.

"Kami mulai mempercepat pertumbuhan bisnis anorganik melalui kegiatan-kegiatan anak usaha yang fokus di non aero. Tahun ini kami membidik target anak usaha konsolidasi sebesar Rp 1,7 triliun," pungkas dia.

Kompas TV Warga bisa mengecek di website Angkasa Pura untuk melihat jadwal Skytrain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com