Apa Rahasia Garuda Indonesia Pertahankan Peringkat Bintang 5 dari Skytrax? - Kompas.com

Apa Rahasia Garuda Indonesia Pertahankan Peringkat Bintang 5 dari Skytrax?

Kompas.com - 08/02/2018, 12:46 WIB
Pesawat Boeing 737 MAX 8 telah dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (7/1/2018). ARSIP GARUDA INDONESIA Pesawat Boeing 737 MAX 8 telah dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (7/1/2018).

SINGAPURA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia kembali meraih peringkat 5-Star Airline dari Skytrax, lembaga pemeringkat penerbangan global independen asal Inggris.

Raihan untuk peringkat serupa telah dicapai Garuda Indonesia, yakni 5-Star Airline, pada tahun 2016 dan 2014 lalu.

Peringkat ini merupakan yang tertinggi dan hanya sepuluh maskapai di seluruh dunia yang menerimanya. Adapun pemeringkatan oleh Skytrax kini merupakan salah satu acuan yang jadi pedoman para pemangku kepentingan, salah satunya untuk kepentingan bisnis mereka.

Lantas, apa yang membuat maskapai pelat merah ini bisa mempertahankan posisinya sebagai salah satu yang terbaik di tataran dunia?

Baca juga : Garuda Indonesia Peringkat 5 Star Airline dari Skytrax, Citilink 4-Star Airline

"Faktor kuncinya adalah keramah-tamahan Indonesia yang unik dan jadi motor pelayanan yang membedakan dengan maskapai lain," kata CEO Skytrax Edward Plaisted saat memberikan penghargaan tersebut di acara Singapore Airshow 2018, Changi Exhibition Center, Kamis (8/2/2018).

Menurut Plaisted, unsur keramah-tamahan dalam pelayanan yang diberikan oleh kru Garuda Indonesia menjadi diferensiasi dibandingkan dengan maskapai lain yang berada pada level setara.

Hal itu dinilai menjadi poin penting dalam mengembangkan bisnis di bidang jasa yang tak lepas dari kegiatan penerbangan komersial.

Pada saat bersamaan, Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala Nugraha Mansury, menyebutkan keramah-tamahan yang ditampilkan sekaligus menjadi bentuk branding Indonesia di mata dunia.

Baca juga : Garuda Raih Penghargaan Awak Kabin Terbaik dari Skytrax

 

Selain itu, unsur pelayanan yang lain juga dikemas sedemikian rupa sehingga dapat merepresentasikan kehadiran budaya Indonesia di tataran internasional.

"Keramah-tamahan Indonesia serta konsep layanan Garuda Indonesia Hospitality telah jadi competitive advantage di tengah persaingan yang semakin ketat di pasar internasional," tutur Pahala.

Kompas TV Direktur keuangan Bank Mandiri, Pahala Mansury ditunjuk pemerintah menjadi Direktur Utama Garuda Indonesia.


Komentar
Close Ads X