Tips Memaksimalkan Keuntungan Pakai "Cashless" Buat Pegawai Kantoran - Kompas.com

Tips Memaksimalkan Keuntungan Pakai "Cashless" Buat Pegawai Kantoran

Kompas.com - 08/02/2018, 13:00 WIB
IlustrasiPIXABAY.com Ilustrasi

KOMPAS.com - Pada era modern ini, banyak sekali kegiatan ekonomi atau jual beli yang menggunakan sistem cashless. Namun, tidak semua orang paham dengan apa itu cashless. Padahal, banyak orang menggunakan metode pembayaran cashless atau sistem pembayaran tanpa menggunakan uang tunai.

Kalau didefinisikan, sistem pembayaran cashless adalah sistem transaksi yang tidak menggunakan uang fisik, tetapi menggunakan uang elektronik, seperti kartu kredit, kartu debit, atau dompet virtual.

Awalnya sistem pembayaran ini diciptakan untuk kemudahan dan efisiensi. Nyatanya, metode pembayaran ini terkadang tidak sepenuhnya bermanfaat bagi banyak orang, terutama bagi pegawai kantoran.

Ada berbagai macam keuntungan dan kerugian yang bisa didapatkan, tergantung bagaimana menggunakan sistem pembayaran cashless tersebut.

Lalu, bagaimana cara menggunakan sistem pembayaran yang tepat bagi pegawai kantoran? Berikut ini adalah tips dapatkan keuntungan lebih dari transaksi cashless.

1.Pahami Apa Itu Cashless

Sebelum Anda menggunakan sistem pembayaran cashless, ada baiknya pahami dahulu apa itu metode pembayaran dengan sistem cashless. Anda harus tahu apa itu cashless dan untuk apa cashless digunakan.

Sebab jika Anda melakukan transaksi secara cashless tanpa tahu kelebihan dan kekurangannya, Anda jadi tidak sepenuhnya merasakan keuntungan dari transaksi cashless.

2.Manfaatkan Cashless dengan Bijak

Sebagai pegawai kantoran, tentu Anda harus bisa bijak dalam mengambil setiap keputusan. Ada baiknya jika Anda memikirkan konsekuensi baik atau buruk dari keputusan yang diambil.

Transaksi secara cashless pada waktu yang benar-benar tepat, misalnya ada promo atau diskon tertentu dari transaksi secara cashless.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan transaksi cashless pada waktu mendesak. Misalnya, untuk menggunakan jasa transportasi online. Anda juga bisa menggunakan cashless untuk pergi ke kantor atau pergi ketika waktu sudah mendesak.

3.Manfaatkan Promo yang Ditawarkan

Manfaatkan promo yang ditawarkan. Umumnya penyedia layanan cashless memberikan potongan harga atau diskon dan promo kepada setiap pengguna yang bertransaksi secara cashless.

Jika Anda termasuk dalam salah satu yang bertransaksi secara cashless, ada baiknya manfaatkan promo tersebut dengan bijak.

4.Hindari Belanja Tanpa List

Umumnya para karyawan menggampangkan urusan belanja tanpa membuat list terlebih dahulu. Mereka cenderung menggunakan pembayaran dengan sistem cashless.

Untuk menghindari kerugian dalam belanja, ada baiknya Anda membuat list belanja dan menggunakan pembayaran dengan sistem cashless dengan bijak dan tidak berlebihan.

5.Utamakan Kebutuhan

Sering kali pegawai atau karyawan menggunakan sistem pembayaran dengan kredit atau debit untuk membeli barang yang diinginkan. Atau lebih tepatnya bertransaksi secara cashless.

Sayangnya, sering sekali orang membeli barang yang tidak dibutuhkan dengan metode pembayaran cashless.

Memang dengan pembayaran secara cashless, uang yang dikeluarkan tidak terlihat. Karena itu, terkadang pengguna cashless cenderung abai pada berapa besar pengeluaran yang dilakukan.

Menggunakan sistem atau metode cashless dalam membayar suatu barang akan terlihat murah. Sayangnya, pada akhir bulan, rekap pengeluaran nantinya bisa membengkak.

Jika hal ini terjadi, tentu gaji satu bulan tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan. Ingatlah, yang Anda butuhkan adalah memenuhi kebutuhan hidup dan  bukan untuk memenuhi keinginan dalam gaya hidup.

Artikel ini merupakan konten kerja sama dengan Cermati.com, Kompas.com tidak betanggungjawab atas isi tulisan. 


Komentar
Close Ads X