Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Trik Mencegah Masalah Keuangan bagi Pengantin Baru

Kompas.com - 11/02/2018, 13:30 WIB
Aprillia Ika

Editor

KOMPAS.com - Pasangan yang baru menikah umumnya memiliki ilmu yang masih sedikit dalam berbagai aspek sehingga rentan mengalami masalah pernikahan, seperti masalah keuangan.

Masalah ini rentan terjadi di kehidupan berumah tangga, terutama bagi keluarga muda.

Kebanyakan dari mereka masih belum mendalami bagaimana cara mengelola keuangan sehingga masalah keuangan bisa muncul kapan saja.

Bahkan, masalah keuangan ini bisa berakibat fatal jika tidak segera diselesaikan dengan baik. Sebab bisa berpengaruh besar pada keharmonisan pernikahan Anda.

Hal ini bahkan diteliti seorang scientist di Utah State University. Penelitiannya menyebutkan jika pasangan yang berutang memiliki kehidupan yang kurang bahagia.

 

Timbulnya berbagai percekcokan pada pasangan yang baru menikah biasanya hanya karena masalah uang.

Baca juga : Pentingnya Terbuka Masalah Keuangan Sebelum Menikah

 

Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi pada kehidupan berumah tangga Anda, bukan? Berikut ini trik menghindari masalah keuangan bagi keluarga muda.

1.Kenali Tanda-Tanda Bencana Keuangan agar Segera Diantisipasi

Sebelum memutuskan untuk memulai lembaran baru dengan kekasih, Anda harus betul-betul memahami konsekuensi yang akan dihadapi nanti. Contoh, pada zaman sekarang, banyak orang cenderung gengsi untuk melakukan pesta pernikahan sederhana.

Mereka memilih untuk mengadakan pesta pernikahan mewah yang tentunya mengeluarkan biaya yang fantastis. Karena biaya yang masih kurang, mereka bersedia untuk berutang. Hal ini bisa menjadi masalah besar jika tidak dipersiapkan dengan matang-matang dengan pasangan.

Selain itu, hentikanlah dorongan konsumtif yang Anda miliki. Jangan membeli sesuatu berdasarkan keinginan semata. Ada baiknya dipikirkan terlebih dahulu apa yang Anda sangat butuhkan sekarang agar tidak salah langkah.

Di sinilah pentingnya mengenali tanda-tanda yang berpotensi membahayakan keuangan. Mengeluarkan dana tanpa dipikir matang-matang adalah tanda awal dari akan munculnya bencana keuangan. Karena itu, pertimbangkan apakah pengeluaran tersebut penting atau tidak.
 
2.Jangan Ada yang Ditutup-Tutupi

Jangan pernah bersikap tertutup dengan pasangan Anda. Terbukalah mengenai kehidupan, pekerjaan, ataupun keuangan. Sebelum menikah atau sesudah menikah, cobalah berterus terang dengan berdiskusi dua arah kepada pasangan mengenai seberapa besar gaji yang diperoleh dari pekerjaan Anda.

Dengan begitu, Anda bisa memiliki gambaran jelas untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran keluarga. Selain itu, jika Anda habis membeli sesuatu atau berutang demi membeli sebuah barang, beritahulah pasangan Anda.

Jangan sembunyi-sembunyi ketika berutang. Sebab hal ini bisa memberatkan diri Anda dan kelangsungan kehidupan rumah tangga.
 
3.Samakan Pandangan tentang Urusan Keuangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com