Renesola Target 5 Persen Pangsa Pasar Lampu LED Tahun Ini - Kompas.com

Renesola Target 5 Persen Pangsa Pasar Lampu LED Tahun Ini

Kompas.com - 12/02/2018, 11:50 WIB
Peluncuran Lampu LED Juara oleh perusahaan listrik global Renesola di Jakarta, Minggu (11/2/2018). Perusahaan menargetkan pangsa pasar 5 persen dari estimasi pasar lampu LED sebesar 120 juta unit tahun ini. Dok. Renesola Peluncuran Lampu LED Juara oleh perusahaan listrik global Renesola di Jakarta, Minggu (11/2/2018). Perusahaan menargetkan pangsa pasar 5 persen dari estimasi pasar lampu LED sebesar 120 juta unit tahun ini.

KOMPAS.com - Produsen lampu PT Renesola Clean Energy menargetkan menguasai 5 persen pangsa pasar lampu Light Emitting Diode (LED) pada tahun ini.

Untuk itu, perusahaan merilis produk lampu LED baru dengan nama Juara, pada Minggu (11/2/2018).

Country Director Renesola Noor Miftah Bakry mengatakan, pihaknya optimistis LED Juara bisa diterima pasar di Indonesia karena lampu tersebut memiliki keunggulan.

 "Apalagi kami sematkan nama dan identitas lokal dengan motif batik parang di kemasan, sehingga cita rasa lokal lebih kentara,” ujar Miftah, melalui rilis.

Sebagai informasi, Renesola adalah perusahaan lampu merek global yang sudah beroperasi di Indonesia sejak 2015.

Baca juga : Pencahayaan Berbasis LED Dukung Pembangunan Infrastruktur

Produk lampu Renesola sudah ada di lebih dari 20 negara di dunia. Renesola juga sudah tercatat di bursa saham New York.

Namun, baru tahun ini mulai gencar ekspansi bisnis di Indonesia dengan strategi baru dan brand baru yakni LED Juara.

Menurut Miftah pihaknya sengaja memilih nama Juara sebagai semangat dan komitmen untuk memberikan lampu dengan spesifikasi terbaik kepada konsumen dengan harga paling terjangkau dan jaminan garansi panjang.

Salah satu keunggulan LED Juara, yakni memiliki umur 15.000 jam dengan garansi tiga tahun. Lampu ini tetap terang walaupun telah dinyalakan bertahun-tahun.

Keunggulan lain, Lampu LED Juara tetap terang walau dalam kondisi tegangan rendah. Lampu ini juga memiliki ketahanan menghadapi kejutan listrik sampai rentang 500 volt.

Miftah memperkirakan, tahun ini permintaan untuk produk LED bisa mencapai 120 juta unit.

Pasar Lampu Indonesia

Ketua Asosiasi Industri Perlampuan Listrik Indonesia (Aperlindo) John Manoppo sebelumnya mengatakan, pasar lampu LED di Indonesia masih terbuka.

Pada 2016, total kebutuhan LED sebesar 80 unit, jauh di bawah LHE yang sebanyak 280 juta unit.

Pada 2017, kebutuhan lampu mencapai 400 juta unit. Sebanyak 80 persen dari permintaan kedua jenis produk itu masih dipenuhi produk impor.

Menurut John, lampu LED akan bertumbuh karena memiliki keunggulan pada konsumsi listriknya yang kecil, yakni hingga 50 persen lebih kecil dari Lampu Hemat Energi (LHE).

Selain itu, lampu LED lebih aman dan ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan merkuri berbahaya.

John memperkirakan lampu LED akan mendominasi kebutuhan lampu di Tanah Air dengan persentase 70 persen dalam beberapa waktu ke depan.

Kompas TV Renovasi Stadion Gelora Bung Karno memasuki tahap akhir.


Komentar
Close Ads X