Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erajaya Dapat Kucuran Pinjaman Rp 1,47 Triliun dari BCA

Kompas.com - 13/02/2018, 10:31 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - . PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) mendapatkan kucuran pinjaman dari Bank Central Asia (BCA) senilai Rp 1,47 triliun.

Sekretaris Perusahaan Eraja Amelia Allen menyatakan, fasiltas pinjaman tersebut akan digunakan untuk modal kerja perusahaan. "Ini untuk mendukung bisnis," kata Amelia seperti dilansir Kontan.co.id, Selasa (13/2/2018).

Dana tersebut akan digunakan ERAA untuk penambahan gerai.

Sebelumnya, perseroan juga meraih pinjaman dari PT Bank CTBC Indonesia sebesar Rp 250 miliar. Hingga kuartal III-2017, total liabilitas ERAA sudah mencapai Rp 3,67 triliun.

Baca juga: BCA Bidik Penyaluran Kredit Kendaraan Bermotor Sebesar Rp 30 Triliun

Tahun lalu ERAA menganggarkan belanja modal Rp 100 miliar. Pada 2017, ERAA menambah 50 gerai baru, yang tersebar di berbagai daerah. ERAA juga melakukan refurbish terhadap 40-50 gerai.

Direktur Pemasaran dan Komunikasi Erajaya Djatmiko Wardoyo menyebutkan, pihaknya melakukan pengembangan distributorship Samsung ke area Sulawesi. "ERAA akan berekspansi dengan penambahan 250 toko pada tahun ini. Jumlah ini lima kali dari tahun sebelumnya," ujar dia.

Sementara Bertoni Rio, Senior Analyst Research Division Anugerah Sekuritas Indonesia, mengatakan, pinjaman yang diraih ERAA bisa memberi ruang untuk memperbesar bisnis, sehingga menambah penjualan. Saat ini, ERAA memiliki debt to equity ratio (DER) 102,49 persen. Rasio ini memang cukup besar. "Namun masih wajar," kata Bertoni.

Dia menambahkan, perkembangan bisnis digital makin pesat. Hal ini bakal menjadi pendorong kinerja ERAA.

Secara historis, ERAA memang belum menunjukkan lonjakan kinerja. Sepanjang dua tahun terakhir, net margin  ERAA stagnan sekitar 1 persen-1,5 persen, dengan pertumbuhan pendapatan sekitar 3,8 persen-3,9 persen.

Meski begitu, Bertoni melihat prospek ERAA masih bagus. Ia merekomendasikan buy on weakness saham ERAA di level Rp 860 dengan target harga Rp 1.050 per saham. (Kontan/Dede Suprayitno)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Erajaya mengantongi pinjaman baru senilai Rp 1,47 triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com