Tingkatkan Produktifitas, CEO Ini Beri Tunjangan Liburan untuk Karyawan - Kompas.com

Tingkatkan Produktifitas, CEO Ini Beri Tunjangan Liburan untuk Karyawan

Kompas.com - 14/02/2018, 09:57 WIB
Ilustrasi liburan keliling duniaTHINKSTOCK.COM Ilustrasi liburan keliling dunia

LONDON, KOMPAS.com - Ada banyak cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Sejak tahun 2011, CEO SteelHouse Mark Douglas memiliki dua kebijakan yang diberlakukannya terhadap karyawan.

Pertama, karyawan pada perusahaan pemasaran dan periklanan tersebut memperoleh tunjangan sebesar 2.000 dollar AS per tahun atau setara sekitar Rp 27,2 juta untuk berlibur. Kedua, seluruh karyawan menikmati hari libur akhir pekan selama tiga hari setiap bulan.

Mengutip Independent, Rabu (14/2/2018), Douglas mengaku kebijakan-kebijakan ini efektif meningkatkan moral karyawan. Tidak hanya itu, kebijakan tersebut juga membantu memikat talenta unggul dan memperbaiki perusahaan.

Menurut Douglas, ada beberapa alasan kebijakan unik yang diterapkannya itu memberi dampak baik. Pertama, liburan membantu seseorang kembali mengisi energinya.

"Alasan paling nyata bahwa kebijakan SteelHouse bekerja dengan baik adalah orang-orang bekerja dengan waktu yang lebih singkat dan memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati kegiatan di waktu senggang," ujar Douglas.

Beberapa karyawan bahkan berlibur bersama dan membangun rasa persatuan di antara mereka. Hasilnya, karyawan akan kembali bekerja dengan energi yang kembali penuh dan senang melakukan pekerjaan mereka.

Kedua, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan yang baik akan memikat talenta unggul.

Douglas menyatakan, tim rekrutmen di perusahaannya hampir selalu mendengar dari kandidat bahwa mereka akan sangat senang bekerja di SteelHouse karena mereka merasa perusahaan memerhatikan karyawannya.

"Kami ingin orang-orang merasa mereka dapat memilih pekerjaan. Bukan menemukan pekerjaan, tapi mereka merasa bisa bekerja di manapun mereka mau," ungkap Douglas.

Ketiga, konsumen menyukai dedikasi perusahaan kepada karyawannya. Douglas menuturkan, perusahaan yang dipimpinnya lebih sukses dengan konsumen karena mereka menyukai berbisnis dengan perusahaan yang sangat menghargai karyawan.


Komentar
Close Ads X