Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Tips Berikut, Capailah Target Keuangan di Setiap Jenjang Usia

Kompas.com - 18/02/2018, 12:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

KOMPAS.com - Dalam kehidupan, seseorang tentunya menjalani masa-masa dalam kehidupan. Berawal dari masa kandungan, bayi, anak-anak, remaja, dewasa, berkeluarga, memiliki anak dan cucu, hingga nantinya meninggal.

Tentunya masa-masa tersebut memiliki kondisi dan tantangan yang berbeda satu sama lainnya.

Selain itu, setiap satu masa berjalan tentu saja membutuhkan biaya untuk memenuhi segala kebutuhan yang ada. Karena itu, dibutuhkan pengelolaan keuangan yang tepat dalam setiap fase-fase kehidupan.

Nah, berikut ini beberapa tips cerdas yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan target keuangan yang sesuai dengan usia.

1. Usia 20-an: Saatnya Mulai Persiapan

Pada masa lajang ini, banyak orang yang berpikir jika tidak ada banyak tanggungan yang harus dipenuhi dalam hidup. Namun, pada masa ini, Anda harus benar-benar mengerti bagaimana arti kerja keras sesungguhnya.

Baca juga : Ingin Masa Tua Sejahtera? Hindari 4 Perilaku Ini Saat Usia 20

Bekerja dari siang hingga malam hari adalah hal yang wajar Anda lakukan untuk bisa menabung guna mendapatkan kebebasan finansial pada masa yang akan datang. Mungkin ketika pertama kali mendapatkan gaji, Anda akan berpikir bagaimana cara menghabiskannya.

Namun, pada usia seperti inilah, Anda sebaiknya harus memahami bagaimana cara mengendalikan pengeluaran yang baik.

Anda juga perlu mempersiapkan keuangan untuk momen-momen pada masa yang akan datang, seperti melanjutkan pendidikan, melangsungkan pernikahan, dan masih banyak lainnya.

Karena itu, pada masa lajang ini, akan lebih baik jika Anda banyak mengalihkan uang ke dalam rekening tabungan.

Untuk mempermudah kegiatan menabung yang dilakukan, alangkah baiknya pisahkan antara rekening tabungan dan rekening pribadi.

Jika Anda memiliki kartu kredit, ada baiknya berhati-hati ketika menggunakannya. Gunakan dengan bijak dan memang sesuai dengan kebutuhan.  

Mulai persiapkan dana darurat untuk kondisi yang memang mendadak dan darurat membutuhkan uang. Selain itu, tidak ada salahnya pula untuk mulai mempersiapkan dana pensiun selagi usia masih muda.

2.Usia 30-an : Siapkan Proteksi dan Investasi

Biasanya menjelang usia ini sudah banyak orang-orang yang menikah. Bahkan, beberapa di antaranya mungkin sudah banyak yang punya anak. Untuk itu, target keuangan yang cocok untuk usia ini adalah mulai mempersiapkan asuransi untuk anak-anak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com