Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harapan agar Stabilitas Ekonomi Nasional Terjaga

Kompas.com - 19/02/2018, 20:39 WIB
Josephus Primus

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Stabilitas ekonomi nasional dengan target pertumbuhan 5,4 persen yang terus terjaga menjadi harapan banyak pihak di Indonesia sepanjang 2018. Hal ini pun menjadi salah satu syarat bagi pelaku usaha di sektor pembangunan perumahan atau hunian atau properti.

Adalah Marine Novita, Country Manager Rumah.com, dalam rilis yang diterima Kompas.com, kemarin, memberikan catatan bahwa perlahan tetapi pasti, daya beli masyarakat di sektor ini mengalami pemulihan. Menurutnya, sektor ini sempat mengalami kelesuan pada paruh kedua 2016. "Tapi, kami melihat, dalam rentang waktu kurang lebih setahun, ada pemulihan," tuturnya merujuk pada survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018.

Menurut Marine lagi, masyarakat banyak mulai melihat bahwa rumah sebagai investasi. Meskipun membeli rumah butuh daya dan upaya yang besar,  mereka juga melihat bahwa usaha yang besar tersebut tidak akan sia-sia karena rumah akan menjadi aset.

Sementara itu, menilik pada optimisme tahun Anjing Tanah, sebagaimana penanggalan China, Marine mengatakan terjadi kenaikan indeks harga properti sebesar 2,3 persen. Kenaikan itu berada di jangka kuartal keempat 2016 ke kuartal keempat 2017. Dari siklus ini, terlihat pada kuartal keempat 2018 akan ada kenaikan hingga 5 persen dihitung dari kuartal keempat 2017.

"Pasar properti di Indonesia memang masih punya prospek yang baik. Kita bisa melihat bahwa dinamika pasar masih sesuai siklus properti," pungkas Marine Novita.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com