Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Bisnis Kelistrikan, Jasa Tirta I Mulai Operasikan PLTM Lodagung

Kompas.com - 20/02/2018, 15:10 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

BLITAR, KOMPAS.com – Perum Jasa Tirta I mulai mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) Lodagung yang berkapasitas 2 x 650 kW. Listrik yang dihasilkan disalurkan ke jaringan milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN).

Untuk pembangunannya, Jasa Tirta I mengalokasikan dana sebesar Rp 39,8 miliar untuk pembangunan pembangkit tersebut. Adapun untuk pengerjaannya dilakukan oleh PT Barata Indonesia (Persero) dengan lama pengerjaan sekitar 3 tahun.

PLTM yang berlokasi di Desa Jegu Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar tersebut merupakan pembangkit pertama yang dioperasikan oleh Jasa Tirta. Dana pembangunan seluruhnya berasal dari kas internal.

Direktur Utama Perum Jasa Tirta I Raymond Valiant R menuturkan pembangunan PLTM Lodagung ini upaya perseroan untuk diversifikasi portofolio bisnis.

Selama ini Jasa Tirta I masih lebih banyak bergerak di bidang pengelolaan sumberdaya air, utamanya untuk irigasi pertanian.

“Hal ini merupakan upaya awal bagi kami untuk mengembangkan anak usaha yang bergerak di bidang energi dengan memanfaatkan aset-aset yang ada,” jelasnya, Selasa (20/2/2018).

Sementara itu, Manajer Perencanaan PLN Distribusi Jawa Timur Risbudi menyambut positif pengoperasian PLTM Lodagung tersebut.

“PLN Distribusi Jawa Timur memberi perhatian terhadap pengembangan energi baru terbarukan sesuai dengan target nasional dan pembangkit yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Listrik yang dihasilkan oleh PLTM Lodagung ini dibeli oleh PLN sebesar Rp 967,5 per kWh untuh tahap pertama, terhitung sejak  tanggal operasi komersial (Commercial Operation Date) hingga bulan ke-96.

Tahap kedua, harga beli listrik ditetapkan sebesar Rp 675 per kWh saat memasuki bulan ke-97 dan seterusnya.

PLTM Lodagung ini menggunakan teknologi siphon, dengan memanfaatkan saluran air irigasi Blitar-Tulungagung yang dikelola Jasa Tirta I. Teknologi ini adalah yang pertama kalinya diterapkan di pembangkit listrik yang ada di Indonesia.

Dengan teknologi ini, pembangunan PLTM Lodagung tidak perlu mengubah bendungan yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com