Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Usia Seabad, Panasonic Pegang Komitmen Ini

Kompas.com - 20/02/2018, 15:35 WIB
Josephus Primus

Editor


JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki usia seabad, tahun ini, Panasonic Corporation memegang komitmen menjawab kebutuhan hidup masyarakat. "Ini juga yang kami lakukan di Indonesia," tutur Presiden Direktur Panasonic Gobel Indonesia Seigo Saifu dalam rilis yang diterima Kompas.com hari ini, Selasa (20/2/2018).

Menurut laman panasonic.com, perusahaan asal Jepang ini resmi masuk ke Indonesia pada 1960 dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama Technical Cooperation Agreement antara PT Transistor Radio Manufacturing dan Matsushita Electric Industrial Co. Ltd.

Adalah Thayeb Moh Gobel yang mendirikan PT Transistor Radio Manufacturing pada 1954. Perusahaan asli Indonesia itu adalah pelopor pabrik radio transistor pertama di Indonesia. Produk perusahaan itu adalah radio bermerek Tjawang.

Sementara, pada 1962, Panasonic memproduksi televisi tanpa warna pertama. Produksi televisi ini ditujukan bagi masyarakat Indonesia agar dapat menyaksikan tayangan acara Asian Games. Pasalnya, pada tahun bersamaan, Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta akbar olahraga Asia yang keempat. Produk pertama diberikan kepada Ibu Negara Indonesia, kala itu,  Fatmawati Soekarno.

30 tahun

Sementara itu, catatan dalam rilis dari Rawenda, Product Marketing Water Pump PT Panasonic Gobel Indonesia, menunjukkan pada segmen pompa air di Indonesia, Panasonic sudah melewati usia 30 tahun berkecimpung.

Saat ini Panasonic menghadirkan pompa air GP-129JPX yang diklaim mampu menghemat energi listrik hingga 10 persen. "Pompa air ini memiliki kapasitas debit air yang besar serta hemat penggunaan listrik. Pompa ini, mampu menghemat biaya listrik sekitar Rp 228.000 dalam satu tahun,” kata Rawenda.

Menurut Rawenda, kemudian, selain memiliki kapasitas memompa air maksimal yang mencapai 35 liter per menit, Panasonic seri ini juga dilengkapi bodi anti-karat dengan casing cover kuningan yang kokoh dengan profil rib penguat. pompa air ini tahan abrasi air dan suhu tinggi. Dilengkapi dengan rotor berakurasi hingga 30 mikron, pompa air ini mampu bekerja hingga 8.000 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com