Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP I: 13 Persen Slot Penerbangan Maskapai "Nganggur" Selama Setahun

Kompas.com - 21/02/2018, 14:11 WIB
Achmad Fauzi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) (AP I) mengungkapkan banyak maskapai penerbangan yang tidak memaksimalkan slot penerbangan di bandara-bandara yang dikelola perusahaan. 

AP I mencatat, sebanyak 13 persen dari total slot penerbangan selama setahun tidak digunakan oleh para maskapai.

"Jadi ada 1.200 pergerakan selama setahun yang tidak termanfaatkan," ujar Direktur Utama AP I Faik Fahmi saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (21/2/2018). 

Mantan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) ini menjelaskan, para maskapai hanya mengajukan rute tersebut, tetapi tidak melakukan aktivitas penerbangan.

Baca juga : AP I Manfaatkan Momen Pembangunan Bandara untuk Serap SDM Lokal

Padahal, lanjut Faik, banyak maskapai lain yang ingin mengajukan slot penerbangan tersebut. Namun maskapai tersebut tidak mengajukan, karena slot penerbangannya sudah dimiliki maskapai lain. 

Meski begitu, Faik enggan menyebutkan maskapai apa yang tidak memanfaatkan slot penerbangan yang diajukan. Akan tetapi, ungkap dia, slot penerbangan yang tidak dimanfaatkan yakni dengan rute dari dan ke Bali dan Surabaya.

"Ini harus jadi kontrol kita kepada mereka (maskapai) agar konsisten memblok slot penerbangan," imbuh dia.

Seperti diketahui, pada tahun 2017 AP I mencatat total pergerakan pesawat di 13 bandara yang dikelola 764.530 pergerakan pesawat. Sementara, jumlah penumpang yang diangkut pada 2017 sebanyak 89,7 juta penumpang.

Kompas TV PT. Angkasa Pura II menaikkan tarif pelayanan jasa penumpang udara atau airport tax di Bandara Soekarno Hatta mulai Maret 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com