Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tantangan Terkini Industri Asuransi Jiwa

Kompas.com - 22/02/2018, 17:33 WIB
Josephus Primus

Editor

NUSA DUA, KOMPAS.com — Tantangan terkini industri asuransi jiwa di Indonesia adalah cepatnya perkembangan teknologi digital. Berangkat dari situlah, dalam rilis yang diterima Kompas.com hari ini, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menggelar rangkaian acara puncak selama dua hari, sekaligus penutup kegiatan DRiM (Digital and Risk Managemet in Insurance) 2018 yang baru pertama kali dilaksanakan.

"Kegiatan ini juga untuk mencari cara bagaimana memitigasi risiko pesatnya perkembangan tekmologi digital," tutur Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI) dan Ketua Umum AAJI Hendrisman Rahim.

Data dari The Microsoft Asia Digital Transformation: Enabling The Intelligent Enterprise menyebutkan bahwa sebanyak 90 persen pebisnis di Indonesia menyatakan perlunya melakukan transformasi digital untuk mendukung pertumbuhan perusahaan. Namun dari jumlah tersebut, hanya 27 persen di antaranya yang mengaku sudah mempunyai strategi yang menyeluruh guna menyambut transformasi digital.

Kegiatan DRiM  telah dibuka di Jakarta pada  24 Januari 2018. Pada kegiatan itu digelar seminar internasional dan pameran.

Para pembicara pada kegiatan DRiM di Bali antara lain  Scott Bales yang akan berbicara mengenai Consumer of The Future 2023,  Rhenald Kasali mengenai Facing The Disruption Era, serta  Antonius Alijoyo mengenai Enterprise Risk Management in Digital Environment.

Dalam kesempatan ini, AAJI juga mengundang beberapa universitas di Bali untuk pengenalan industri asuransi melalui perkembangan digital kepada para mahasiswa. Hal ini dimaksudkan agar generasi muda tidak hanya melek digital namun melek keuangan dari sejak dini sehingga berguna untuk kelangsungan dan kesejahteraan masa depannya kelak.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com