Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Bangun Kabel Laut ke Pulau Terpencil di Lombok Barat

Kompas.com - 22/02/2018, 21:01 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN tengah membangun infrastruktur berupa kabel laut yang bakal dipakai untuk mengalirkan listrik ke Pulau Gilu Gede, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pulau yang dimaksud merupakan salah satu wilayah terpencil di NTB, namun memiliki potensi tinggi di bidang perikanan dan pariwisata.

“Kami akan menyambungkan 2 kabel sekaligus, satu sebagai cadangan, sehingga jika ada gangguan, penyaluran listrik bisa dialihkan. Selain itu, kalau pertumbuhan beban tinggi, kami juga tetap bisa penuhi,” terang General Manager PLN Wilayah NTB Mukhta melalui keterangan resminya, Kamis (22/2/2018).

Adapun kabel laut yang akan dipasang itu sepanjang 2 x 2,4 Km dengan kapasitas 20 kiloVolt (kV). Saat sudah terpasang nanti, 450 kepala keluarga yang tinggal di pulau tersebut akan bisa menikmati aliran listrik tanpa harus memakai genset.

Baca juga: PLN: Tenaga Angin di Sukabumi Berpotensi Jadi Energi Listrik

Mukhtar menceritakan dalam proses pemasangam kabel laut itu, PLN sendiri mengalami tantangan besar, yakni minimnya transportasi dan medan yang sulit.

Misalnya, pengangkutan peralatan kelistrikan yang harus dilakukan dengan cara-cara tradisional, yaitu memakai tongkang sederhana yang ditarik oleh sebuah kapal kayu.

Untuk menaikan seluruh peralatan, seperti gulungan kabel, trafo dan tiang juga dilakukan secara manual, yaitu digotong atau menggunakan gerobak.

“Hal ini membuat proses pengangkutan dan pembangunannya lebih lama. Karena kapal dan peralatannya sederhana, tentu kami harus lebih hati-hati. Ombak besar sedikit, tentu menaikkan peralatan ke kapal lebih sulit, bahkan terkadang kami harus menundanya sampai cuaca membaik,” kisah Mukhtar.

Begitu tiba di Gili Gede pun masih ada tantangan berat. Seluruh peralatan tersebut harus diangkut dari dermaga menuju lokasi pemasangan menggunakan gerobak, bahkan adakalanya harus digotong oleh beberapa petugas karena jalur aksesnya sempit serta tidak ada mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com