Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi PLBN Entikong, Menhub Tak Sengaja Bertemu Pejabat Malaysia

Kompas.com - 23/02/2018, 21:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

SANGGAU, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Pos Lintas Batas Nasional (PLBN) Entikong, Jumat (23/2/2018). Dalam kunjungan tersebut, Budi pun menyempatkan diri sejenak melewati batas wilayah negara Indonesia dan Malaysia.

Budi juga mengunjungi terminal barang atau dry port Tebegu milik Malaysia. Di sana, Budi berbincang dengan para petugas terkait barang-barang yang dibawa dari Indonesia ke Malaysia dan sebaliknya. Kemudian, kabar muncul bahwa seorang pejabat Malaysia juga tengah bertolak menuju perbatasan dan PLBN Entikong. Pejabat tersebut ialah Dato' Haji Wan Ali Bin Besar, Timbalan Ketua Setiausaha (Pengurusan) Kementerian Dalam Negeri Malaysia.

Selain Wan Ali, hadir pula pejabat dari negara bagian Sarawak. Mereka bertemu tepat di depan bangunan PLBN Entikong yang megah, modern, dan secara resmi telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Sebuah coincidence (kebetulan), saya ketemu dengan sahabat-sahabat dari Malaysia, ada dari Kementerian Dalam Negeri dan Sarawak," kata Budi.

Baca juga: Bus Damri Pontianak-Kuching Sepi Penumpang, Menhub Ingin Tarif Diturunkan

Ia mengungkapkan, sebagai negara yang bersahabat, Indonesia dan Malaysia selalu memiliki keinginan yang mulia untuk mempererat hubungan. Salah satunya adalah membangun daerah perbatasan agar warga kedua negara dapat melintas batas dengan nyaman.

"Malaysia akan membangun bangunan-bangunan lintas batas yang bagus," ujar Budi.

Ia menuturkan pula, pemerintah Indonesia tengah membangun dry port yang lokasinya dekat dengan PLBN Entikong. Tujuannya agar kegiatan perdagangan kedua negara dapat semakin baik dan diawasi dengan optimal pula.

Dalam kesempatan tersebut, Wan Ali juga menyambut baik pertemuan yang tidak disengaja tersebut. Ia pun menyatakan pemerintah Malaysia akan membangun pos lintas batas yang lebih baik. 

Baca juga: 3 Jurus Kemenhub Urai Kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Kompas TV Presiden Jokowi meresmikan kereta bandara Soekarno - Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com