Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pertemuan IMF-Bank Dunia, Indonesia Siapkan 6 Destinasi Wisata di Luar Bali

Kompas.com - 26/02/2018, 16:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia 2018 akan diselenggarakan di Bali, 8-14 Oktober 2018.

Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) telah dan terus melakukan persiapan menjelang perhelatan internasional yang diprediksi bakal dihadiri 15.000 orang tersebut.

Kepala Unit Kerja Pertemuan IMF-Bank Dunia 2018 Peter Jacobs menyatakan, pertemuan ini harus dimanfaatkan secara serius oleh Indonesia untuk menggenjot sektor pariwisata. Sehingga, Indonesia diharapkan tidak hanya menjadi tuan rumah, namun memperoleh manfaat lebih.

"Kita (Indonesia) sudah dapat manfaat sebenarnya, 15.000 orang itu akan melakukan transaksi ekonomi di Bali, ada meeting, makanan dan minuman, pariwisata, dan sebagainya," kata Peter dalam media briefing di Jakarta, Senin (26/2/2018).

Baca juga : Apa Manfaat Pertemuan IMF-Bank Dunia bagi Indonesia?

Peter pun mengungkapkan, terkait dengan hal ini, pemerintah telah menyiapkan daerah-daerah wisata di luar Bali yang sekiranya dapat menjadi destinasi wisata bagi para delegasi dan peserta pertemuan tersebut. Setidaknya, ada 6 destinasi di sekitar Bali yang sudah disiapkan.

Destinasi-destinasi tersebut antara lain Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Tana Toraja, Danau Toba, Banyuwangi, dan Candi Borobudur.

Dengan demikian, di sela-sela rangkaian pertemuan, para delegasi dan peserta bisa menikmati waktu mereka di Indonesia dengan berwisata.

"Secara khusus dipersiapkan buat para peserta yang datang ke Bali untuk pertemuan tahunan supaya bisa dimanfaatkan oleh daerah-daerah lain itu," tutur Peter.

Baca juga : IMF-WB Annual Meeting 2018 Jadi Momentum Akselerasi Kemajuan Indonesia

Pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia akan dihadiri oleh gubernur bank sentral dan menteri keuangan dari 189 negara.

Selain itu, pertemuan ini juga dihadiri oleh para investor, orang-orang penting di bidang ekonomi, pengusaha, para pakar, dan lembaga-lembaga internasional.

Kompas TV Arti Pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Bank Dunia


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com