Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amazon Diduga Tak Bayar Pajak

Kompas.com - 28/02/2018, 09:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber Daily Mail

NEW YORK, KOMPAS.com - Raksasa ritel daring Amazon melaporkan laba di AS sebesar 5,6 miliar dollar AS pada tahun 2017. Meskipun demikian, Amazon diduga sama sekali tidak membayar pajak penghasilan federal.

Hal tersebut sebagaimana yang dirilis Institution on Taxation and Economic Policy (ITEP). Menurut ITEP, Amazon melaporkan laba sebesar 8,2 miliar dollar AS, namun hanya secara efektif membayar pajak 11,4 persen.

Mengutip Daily Mail, Rabu (28/2/2018), dengan demikian Amazon diduga mengamankan dua pertiga labanya dalam kondisi bebas pajak. Amazon pun diproyeksikan memperoleh 789 juta dollar AS dari kebijakan perpajakan baru yang diterapkan pemerintahan Presiden Donald Trump.

Kantor pusat global Amazon pun berlokasi di Luxembourg, sebuah negara yang dituding memberikan pembebasan pajak secara ilegal kepada perusahaan tersebut. Kini, Amazon tengah mencari kota di AS untuk membangun kantor pusat kedua.

Rencana tersebut membuat pemerintah negara bagian di AS saling bersaing dengan menawarkan insentif perpajakan. Namun, belum ditentukan di kota atau negara bagian mana Amazon akan membangun kantornya.

"Raksasa ritel daring ini telah membangun model bisnisnya berdasarkan penghindaran pajak. Dalam laporan keuangan terbarunya, jelas bahwa Amazon terus terasing dari sistem perpajakan negara (AS)," kata Matthew Gardner dari ITEP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com