Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renang di Danau Sunter, Susi dan Sandiaga Dapat Penghargaan MURI

Kompas.com - 28/02/2018, 17:37 WIB
Pramdia Arhando Julianto,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi DKI Jakarta Sandiaga Uno mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Penghargaan tersebut diberikan oleh MURI kepada Manteri Susi dan Wagub Sandiaga Uno karena dinilai memberikan pembelajaran pendidikan politik konstruktif baik bagi masyarakat luas.

Kemudian keduanya dinilai berhasil menangani permasalahan lingkungan dengan cara kreatif.

Pendiri Museum Rekor Dunia Indonesia ( MURI) Jaya Suprana mengatakan, penghargaan kategori tersebut merupakan pertama kalinya yang dikeluarkan oleh MURI.

Baca juga: Minta Masyarakat Ikut Jaga Laut Indonesia, Menteri Susi Tulis Buku

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dalam acara Festival Danau Sunter di kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara, Minggu (25/2/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dalam acara Festival Danau Sunter di kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara, Minggu (25/2/2018).
"Ibu Susi mendapatkan Piagam Penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor Kategori Pendidikan Politik Konstruktif Duel Dayung Renang Pada Festival Danau Sunter. Atas dua nama Bu Susi dan Pak Sandi," ujar Jaya saat acara bedah buku di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Setelah mendapatkan penghargaan tersebut, Susi mengaku ide membuatbaru wajah danau-danau di Jakarta itu secara spontan ketika dirinya kunjungan kerja ke Jenewa beberapa waktu lalu.

"Itu adalah ide yang saya pikir datang di Jenewa danaunya bersih, kenapa danau kita tidak dibikin bersih," ungkap Susi.

Ternyata, tantangan Menyeri Susi dijawab dan langsung direspons oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membersihkan Danau Sunter kemudian dijadikan arena bertanding renang dan paddle board antara Menteri Susi dan Wagub DKI Sandiaga Uno.

"Kalau Pak Sandi menang dia cuma minta dibawa ke Wakatobi. Itu murah paling Rp 50 juta. Tapi kalau saya menang kan saya enggak keluar duit buat paddling ke luar kota tiap minggu. Ya sudah win-win solution saja," ujar Susi.

Kompas TV Sebelum berlomba, Susi Pujiastuti melihat kondisi danau, sekaligus berswa foto dengan warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com