Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, pada 2020, Tercipta Seribu Teknopreneur di Indonesia

Kompas.com - 05/03/2018, 16:34 WIB
Josephus Primus

Editor



KOMPAS.com - Menurut catatan pemerintah dalam peta jalan perdagangan secara elektronik (road map e-commerce), pada 2020, tercipta seribu teknoprenuer di Indonesia. Peta jalan itu nilainya mencapai 130 miliar dollar AS. Lantas, nilai bisnisnya mencapai 10 miliar dollar AS pada 2020, tulis laman ksp.go.id .

Pada 2014, tercatat transaksi e-commerce Indonesia mencapai 12 miliar dollar AS, mengalami peningkatan yang signifikan dari 2013 yang berada pada posisi 8 miliar dollar AS. Transaksi ini mencapai24,6 miliar dollar AS pada 2016.

Upaya mewujudkan rencana itulah yang tersirat dalam salah satu rencana kerja Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB).

"Hal ini untuk menyambut 100 Tahun ITB pada 2020," kata Ketua Umum IA ITB Ridwan Djamaluddin sebagaimana rilis yang diterima Kompas.com pada Sabtu pekan lalu.

Sinergi

Lebih lanjut, Ridwan mengatakan IA ITB sebagai wadah resmi alumni ITB berupaya terus mendorong Indonesia menguasai teknologi dan industrialisasi. "Perlu ada sinergi alumni ITB sehingga potensi-potensi yang ada bisa saling mendukung," tuturnya.

Aktivitas yang sudah dilakukan oleh IA ITB antara lain inisiator pembentukan Himpuni, Indonesianisme Summit 2016 & 2017, Sinergi Run, serta olah raga bersama IA ITB dan TNI.

IA ITB juga memaparkan rencana kerja ke depan antara lain Apresiasi teknopreneur rintisan Tantangan BISA, Indonesianisme Summit 2018, serta pembangunan Teknopreneur Hub Jakarta dan Bandung sebagai bagian dari usaha memenangkan industri Indonesia pada kegiatan "Anak Gajah Pulang Kampung", Sabtu (3/3/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com