Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airbus Bakal Pangkas 3.600 Karyawan, Mengapa?

Kompas.com - 06/03/2018, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

Sumber Reuters

PARIS, KOMPAS.com - Pabrikan pesawat Eropa Airbus menyatakan bakal menggelar pertemuan dengan perwakilan serikat pekerja pada pekan ini.

Dalam pertemuan tersebut akan dibicarakan mengenai kemungkinan dampak terhadap pekerjaan dari menurunnya tingkat produksi pesawat A380 dan A400M.

Pekan lalu, majalah bisnis Perancis Challenges melaporkan bahwa Airbus berencana memindahkan atau memangkas 3.600 posisi pekerjaan. Ini adalah imbas dari buruknya kinerja produksi pesawat A380 dan A400M.

Challenges mengabarkan, pekerja Airbus di 4 pabrik di Jerman, 1 pabrik di Inggris, dan 1 pabrik di Spanyol akan terdampak.

Baca juga : Airbus Kuasai Pasar Pesawat di Asia Pasifik

"Perwakilan manajemen senior Airbus akan bertemu dengan Konsil Pekerja Eropa pada 7 Maret 2018," tulis Airbus dalam pernyataan resminya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (6/3/2018).

Airbus menyatakan, pertemuan itu akan membahas pengurangan tingkat produksi A380 dan A400M yang sebelumnya telah diumumkan pula. Selain itu, akan didiskusikan juga implikasinya terhadap tenaga kerja.

"Airbus sangat menyesalkan bahwa proses pada topik ini telah diganggu dengan bocornya ke media, yang berdampak pada berlebihnya pemberitaan mengenai pemangkasan posisi pekerjaan di 4 negara," ujar pihak Airbus.

Bulan lalu, Airbus mengumumkan dampak kerugian sebesar 1,3 miliar dollar AS dari terlambatnya program produksi pesawat militer A400M. Meskipun demikian, kerugian itu bisa tertutup dengan tumbuhnya laba dan dividen Airbus.

Kompas TV Tiongkok Uji Coba “Nose Wheel” Pesawat Komersil Pertama

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com