Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Wifi Gratis, Citilink Tidak Akan Naikkan Harga Tiket

Kompas.com - 08/03/2018, 20:39 WIB
Achmad Fauzi,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan berbiaya murah Citilink Indonesia menegaskan tidak akan menaikan harga tiket kereta setelah menyediakan layanan wifi secara gratis di dalam pesawat kepada penumpang.

"Ini benar-benar gratis. Enggak masuk dalam biaya tiket," ucap Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurcahyo, di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (8/3/2018). 

Pada tahap awal, ungkap Juliandra, layanan wifi gratis dalam pesawat akan tersedia di rute-rute yang paling diminati oleh penumpang. Seperti, Yogyakarta, Semarang, dan Bali. 

"Layanan ini juga akan dipasang di seluruh pesawat kami, sekarang ada 50 pesawat, nanti dalam lima tahun ke depan tambah lagi 23. Jadi nanti ada 73 pesawat yang terpasang wifi," ujar dia. 

Baca juga : Gandeng Lufthansa, Citilink Sediakan Wifi Gratis

Selain internet gratis sebut Juliandra, Citilink juga menyediakan layanan internet berbayar di dalam pesawat kepada penumpang yang menginginkan internet dengan kecepatan tinggi. 

Dalam hal ini kecepatan maksimal pada layanan wifi tersebut sebesar 78 MBPS.

"Jadi, kami akan tempatkan yang free itu yang kecepatan internetnya berapa gitu. Dan nanti yang kecepatan di atas berapa ada tambahan (biaya)," tutur dia. 

Dalam penyediaan layanan internet gratis ini Citilink Indonesia bekerja sama dengan perusahaan teknologi PT Mahata Aero (MAT) dan Lufthansa Technik serta Lufthansa System. 

Adapun, nilai investasi untuk memasang layanan tersebut sebesar investasi sebesar 40 juta dollar AS atau Rp 548 miliar (kurs 1 dollar AS = Rp 13.700).

Layanan ini baru bisa digunakan oleh penumpang pada kuartal IV tahun 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com