Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adhi Karya Terima Pembayaran LRT Rp 3,42 Triliun

Kompas.com - 09/03/2018, 18:09 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk., telah menerima pembayaran pertama untuk pengerjaan proyek light rail transit (LRT) Jabodebek. Uang itu telah diterima dari PT KAI yang merupakan investor proyek tersebut, pada Kamis (8/3/2018) lalu.

"Kami bersyukur, setelah kemarin menunggu 2 tahun, akhirnya sekarang menerima pembayaran LRT dari KAI sebesar Rp 3,42 triliun di luar pajak," ucap Direktur Utama Adhi Karya, Budi Harto di Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Dia mengatakan, pembayaran yang telah diterima itu berdasarkan pekerjaan LRT Jabodebek hingga September 2017. Selanjutnya, perusahaan tengah mengurus untuk sisa pembayaran tahap berikutnya, yakni atas pengerjaan di bulan Oktober 2017 hingga Desember 2017.

"Saat ini sedang disiapkan progres berikutnya, mudah-mudahan kalau yang kedua tidak terlalu lama," ucap Budi.

Baca juga: Bangun LRT, Ratu Prabu Masih Tunggu Restu Pemerintah

Adapun pengerjaan LRT Jabodebek sampai Maret 2018 ini telah mencapai 35 persen. Rinciannya adalag lintasan Cawang-Cibubur (14,3 km) mencapai 57,3 persen, lalu Cawang-Kuningan-Dukuh Atas (10,5 km) sebesar 17,7 persen dan Cawang-Bekasi Timur (18,3 km) sebesar 28,7 persen.

Proyek LRT merupakan milik pemerintah dan pembayarannya dilakukan melalui KAI. Pembayaran dilakukan berdasar progress pengerjaan proyek yang telah diverifikasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com