Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laporkan Persiapan Final IMF-World Bank, Panitia akan Terbang ke Washington

Kompas.com - 13/03/2018, 21:07 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jajaran Panitia Nasional Annual Meeting IMF (International Monetary Fund)-World Bank Group 2018 memastikan semua persiapan sudah rampung menjelang agenda pada 8-14 Oktober mendatang.

Perwakilan Panitia Nasional akan berangkat ke Washington DC, Amerika Serikat, untuk melaporkan kesiapan mereka sekaligus mengundang negara anggota yang akan datang ke Bali nanti untuk mengikuti annual meeting.

"Bulan depan tanggal 18, kami ke Washington untuk Spring Annual Meeting akan mengkomunikasikan persiapan terakhir ini," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman sekaligus Ketua Panitia Nasional Annual Meeting IMF-World Bank Group 2018, Luhut Binsar Panjaitan, usai rapat di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (13/3/2018).

Luhut menjelaskan, pihaknya telah memantapkan semua aspek persiapan, bahkan sampai ke hal yang paling detil sekalipun.

Hal itu termasuk tentang hotel bagi tamu undangan, rute evakuasi, faktor keamanan, lokasi alternatif pendaratan pesawat bila ada erupsi atau tsunami, sampai destinasi wisata untuk para delegasi.

Mengenai anggaran yang dikeluarkan, disebut Luhut tidak hanya habis untuk acara tersebut. Diperkirakan, setengah dari uang yang dikeluarkan pemerintah akan kembali ke dalam negeri, dalam arti masyarakat Indonesia juga yang akan menerima manfaatnya nanti.

"Masalah penggunaan dana, kami sudah buat studi dampak dari pengeluaran hampir Rp 800 miliar ini bagi keuntungan negara. Mungkin lebih dari setengahnya itu akan kembali juga," tutur Luhut.

Untuk pertama kalinya Indonesia akan menjadi tuan rumah dari agenda tahunan IMF-World Bank Group, dengan lokasi acara yang ditetapkan di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Nantinya akan ada sekitar 15.000 lebih delegasi dari 189 negara anggota yang datang ke Bali, belum ditambah dengan perwakilan pejabat tiap negara, gubernur bank sentral, CEO, serta pihak terkait lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com