Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Beri Kuliah Umum Perkembangan Teknologi Informasi Era Digital di Unpad

Kompas.com - 16/03/2018, 13:42 WIB
Aprillia Ika

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memberikan pembekalan melalui Kuliah Umum kepada 600 mahasiswa Universitas Padjadjaran dengan tema “Perkembangan Teknologi Informasi Indonesia di Era Digital” pada Jumat (16/03/2018).

Kuliah Umum ini dibuka oleh Rektor Universitas Padjajaran (Unpad) Tri Hanggono Achmad dan menghadirkan Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono sebagai pembicara.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala KCU Bandung Rudy Kurniawan, Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Rizali Zakaria, Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik Budi Setiabudiawan, Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Wawan Hermawan, serta Manajemen BCA dan Dekan Universitas Padjajaran.

Baca juga : Genjot Ekonomi Nasional, KEIN Dorong Perkembangan Teknologi Informasi

Sebagai gambaran, setiap tahunnya perkembangan teknologi informasi mengalami perubahan, baik dari sisi pengguna maupun penggagas inovasi teknologi.

Di sisi lain, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa nilai indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi (IP-TIK) di Indonesia masih berada di bawah negara lain di Asia Tenggara.

International Telecommunication Union (ITU) menyatakan bahwa pada 2016, Indonesia berada di urutan 111 dari 176 negara dengan indeks sebesar 4,34. Oleh sebab itu, setiap pihak khususnya generasi muda Indonesia harus ‘melek’ teknologi agar siap menghadapi era digital yang semakin deras dengan inovasi terbaru.

Baca juga : Agar Sukses di Era Digital, 5 Tren Teknologi Ini Harus Dihadapi Perusahaan

Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono hadir untuk berbagi mengenai “Perkembangan Teknologi Informasi Indonesia di Era Digital”. 

Dia juga membagi pengalaman kepada mahasiswa bagaimana teknologi dapat mempermudah hampir seluruh pemenuhan kebutuhan masyarakat di berbagai bidang, seperti transportasi, kuliner, perbelanjaan, pengiriman barang, hingga transaksi perbankan.

Untuk itulah, BCA selalu berupaya mengikuti perkembangan teknologi yang diselaraskan dengan kebutuhan nasabah yang terus berkembang.

Seperti BCA yang menawarkan beragam solusi tepat melalui aplikasi digital, Virtual Assistant Chat Banking (VIRA), Application Program Interface (API), e-Branch dan lain sebagainya.

Baca juga : BCA Minta Nasabah Jaga Kerahasiaan Data Perbankan, Inilah 4 Tips Aman

“Perkembangan teknologi dan perkembangan kebutuhan nasabah boleh dibilang memiliki perbandingan yang lurus. Begitu ada teknologi baru, pasti kebutuhan masyarakat juga ikut menyesuaikan. Jika suatu institusi tidak bergerak mengikuti perkembangan yang ada, cukup sulit memenangkan kompetisi,” ujar Armand, melalui siaran pers ke Kompas.com.

Selain mengisi kuliah umum, BCA juga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dengan Universitas Padjadjaran terkait kerja sama tentang pemberian bantuan di bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono dan Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad.

Kompas TV Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai pemerintah telah proaktif untuk menjawab tantangan di era digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com