Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitch Ramal Pertumbuhan Ekonomi RI 2018 Tak Capai Target 5,4

Kompas.com - 16/03/2018, 19:44 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat Fitch Ratings memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan mencapai 5,3 persen tahun ini. Padahal, sebelumnya Fitch memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan meningkat menjadi 5,4 persen di tahun 2018 dari 5,1 persen di tahun 2017.

Angka tersebut diproyeksikan oleh Fitch saat menaikkan rating utang jangka panjang dalam mata uang asing dan lokal Indonesia ke BBB dari BBB- dengan outlook Stable.

Proyeksi 5,3 persen tersebut juga lebih rendah daripada yang ditargetkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 yang sebesar 5,4 persen.

Mengutip Kontan.co,id, Jumat (16/3/2018), Fitch memberikan catatan bahwa perekonomian Indonesia berakhir menggembirakan pada 2017, dengan investasi yang meningkat pada kuartal keempat.

“Belanja investasi tumbuh 6,2 persen di atas 2017, laju tercepat sejak tahun 2012. Investasi mendapat dorongan dari peningkatan belanja infrastruktur, seperti yang ditunjukkan oleh kenaikan yang mencolok dalam output konstruksi sejak awal 2016,” tulis Fitch, Jumat (16/3/2018).

Adapun, kenaikan harga komoditas juga membantu meningkatkan belanja modal. Oleh karena itu, Fitch berharap investasi terus berlanjut dan didukung oleh kebijakan makro.

Pemerintah sendiri dipandang telah berkomitmen untuk meningkatkan belanja infrastruktur publik, terutama melalui perusahaan milik negara, sementara Bank Indonesia (BI) tahun lalu sudah memotong tingkat suku bunga kebijakan dua kali.

BI juga dinilai telah melakukan beberapa langkah-langkah kehati-hatian dalam beberapa tahun terakhir, misalnya dengan meningkatkan rasio pinjaman terhadap nilai pinjaman properti. Namun demikian, yang menjadi catatan Fitch, pertumbuhan kredit masih terbengkalai, terutama untuk bisnis.

Adapun konsumsi rumah tangga dinilai gagal dipercepat pada tahun lalu meskipun ada latar belakang, pertumbuhan lapangan kerja yang baik, dan tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi, tumbuh sebesar 5,0 persen, sama dengan tahun 2016.

Namun demikian, kenaikan impor barang konsumsi di kuartal terakhir menunjukkan konsumsi akan mulai membaik di kuartal mendatang. (Ghina Ghaliya Quddus)


Berita ini diambil dari Kontan.co.id dengan judul: Fitch proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tak capai target 5,4%

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com