Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian BUMN Adakan Mudik Gratis untuk Minimal 200.000 Orang

Kompas.com - 20/03/2018, 16:31 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian BUMN melalui Satuan Tugas Mudik Gratis 2018, PT Jasa Raharja (Persero), kembali mengadakan program Mudik Gratis 2018 untuk Lebaran bulan Juni mendatang.

Program ini dibuka bagi siapa saja dan masyarakat sudah bisa mendaftarkan dirinya secara daring atau online per hari ini.

"Target yang diberikan 200.000 pemudik minimal," kata Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo Slamet saat ditemui di gedung Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Selasa (20/3/2018) sore.

Untuk mendaftar secara online, dapat mengakses laman mudik.jasaraharja.co.id. Budi turut menjelaskan, program Mudik Gratis tahun ini tidak hanya memberangkatkan pemudik yang berasal dari Pulau Jawa, melainkan juga bagi pemudik dari luar Pulau Jawa.

Baca juga : Tekan Kemacetan dan Kecelakaan, Warga Diimbau Ikut Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru

"Kami juga memberangkatkan yang ada di provinsi-provinsi besar di luar Jawa, misalkan dari Makassar, Kalimantan, dan sebagainya," ujar Budi.

Budi mengungkapkan, program Mudik Gratis 2018 ini turut dilaksanakan oleh puluhan BUMN. Dia memperkirakan, total BUMN yang berpartisipasi untuk tahun ini bisa meningkat hingga sebanyak 55 sampai 60 BUMN.

"Target peserta minimal 200.000 orang naik 69,18 persen dibanding target peserta Mudik Gratis 2017. Penambahan jumlah pemudik tentu diiringi dengan tambahan jumlah armada dengan moda transportasi darat, laut, dan udara," tutur Budi.

Jumlah kota tujuan dalam program Mudik Gratis 2018 ditetapkan di 96 kota seluruh Indonesia. Mudik akan dilaksanakan mulai awal bulan Juni 2018, dengan pelepasan secara simbolis yang dijadwalkan pada 9 Juni 2018 di Pantai Carnaval, Ancol Taman Impian, Jakarta Utara.

Kompas TV Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tiket kereta api yang habis terjual untuk masa mudik tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com