Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Bertransaksi Perbankan dan Mundurnya Direksi Astra Jadi Berita Populer

Kompas.com - 21/03/2018, 07:26 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Raibnya dana nasabah di sejumlah bank masih terus bermunculan. Diduga, hal itu terjadi akibat aksi skimming yang dilakukan oleh pelaku kejahatan.

Terkait dengan hal itu, bank mandiri memberikan tips bagi nasabah agar transaksi berjalan aman. Berita mengenai tips tersebut menjadi berita terpopuler pada Selasa (20/3/2018). Berita lain yang juga menarik pembaca yakni mengenai mundurnya tiga direksi Astra International.

Berikut berita-berita terpopuler sepanjang hari kemarin:

1. Ada Kasus "Skimming," Ini Tips Transaksi Aman dari Bank Mandiri

Baru-baru ini kepolisian membekuk pelaku pembobol dana nasabah dengan metode skimming, yakni memasang alat pembaca data nasabah pada mesin ATM. Penangkapan tersebut berawal dari laporan sejumlah nasabah yang mengaku saldonya berkurang tanpa ada transaksi.

Terkait hal ini, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyatakan telah melakukan sejumlah langkah pencegahan. Meskipun demikian, perseroan juga mengimbau nasabah untuk tetap menjaga keamanan saat bertransaksi.

2. Tiga Petinggi Astra International Ajukan Pengunduran Diri

PT Astra International Tbk ( ASII) bakal kehilanngan dua orang di jajaran komisaris dan seorang di tingkat direkturnya. Ketiga petinggi Astra tersebut mengajukan pengunduran diri dari perusahaan. Mereka adalah Sidharta Utama dan Yasutoshi Sugimoto yang mundur dari jabatan Komisaris Independen. Serta Widya Wiryawan dari jabatan direktur.

Menurut Corporate Secretary ASII Gita Tiffany Boer, surat pengunduran diri mereka diterima perseoran pada 15 Maret 2018.

3. Pertamina Sebut Harga Premium Semestinya Rp 8.600 Per Liter

PT Pertamina menyebut, harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium seharusnya mencapai Rp 8.600 per liter untuk April–Juni 2018. Hal ini bila merujuk pada formula harga yang ditetapkan pemerintah melalui Peraturan Presiden No.191/2014 Tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM. Namun saat ini premium masih dijual Rp 6.450 per liter.

"Ini berarti telah ada selisih harga sebesar Rp 2.150 per liter," kata Direktur Pemasaran Pertamina M. Iskandar dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Direktur Jenderal Migas dan Komisi VII DPR RI pada Senin (19/3/2018).

4. Cerita Menteri Basuki soal Sri Mulyani yang Selalu Berdiri di Bawah Plang Proyek

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati disebut punya cara yang khas untuk mengingatkan peran pajak sebagai salah satu instrumen penerimaan negara yang memberi sumbangsih besar bagi pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat ditemui pewarta di kantornya, Selasa (20/3/2018) siang.

5. 50 Juta Data Penguna Facebook Bocor, Zuckerberg Rugi Rp 67,5 Triliun

Pada Senin (19/3/2018) terjadi kebocoran data 50 juta pengguna Facebook kepada agensi iklan tim sukses Donald Trump. Kejadian tersebut mengikis kekayaan pendiri dan pemilik Facebook Mark Zuckerberg.

Harta Zuckerberg turun 4,9 miliar dollar AS (atau sekitar Rp 67,5 triliun) dalam sehari. Seperti dikutip Bloomberg, Zuckerberg pada Jumat lalu mengatakan, perusahaan konsultan dan advertising Cambridge Analytica menerima data melalui pengembang aplikasi di jaringan sosialnya, dan ini melanggar kebijakan Facebook. Perusahaan tersebut memanen data dari 50 juta pengguna tanpa izin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com